Semboyan35 Indonesian Railfans
LRT Palembang - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com)
+--- Thread: LRT Palembang (/showthread.php?tid=9002)

Pages: 1 2


LRT Palembang - Bagazi - 30-12-2015

Sehubungan dengan dimulainya proyek LRT Palembang, maka izinkan saya untuk membuka thread khusus untuk membahas LRT Palembang, mulai dari pembangunan, teknis, rolling stock hingga LRT Palembang ini beroperasi di tahun 2018 saat pergelaran ASIAN Games dimulai. Tersenyuum


Quote:Rabu, 26 Agustus 2015, 09:43 WIB
Pemprov Sumsel Targetkan LRT Jadi Sebelum Asian Games 2018


REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan terus mengebut realisasi pembangunan kereta ringan cepat atau Light Rail Transit (LRT) di Palembang. Pembangunan LRT ditargetkan sudah selesai sebelum perhelatan Asian Games 2018. 

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Pemprov Sumatra Selatan Nasrun Umar mengatakan, pembangunan LRT Palembang pada prinsipnya tinggal menunggu Perpres (Peraturan Presiden). Jika Perpres sudah keluar, pembangunan sudah bisa dimulai.  

"Kalau Perpresnya sudah keluar dan konstruksi sudah dimulai sejak Januari 2016, kami yakin LRT Palembang bisa selesai sebelum Asian Games dimulai. Dan itu harus," kata Nasrun saat menerima kunjungan media bersama PT Jasa Raharja (Persero), Selasa (25/8). 

Nasrun optimistis pembangunan LRT Palembang bisa berjalan lancar karena tidak ada masalah dengan pembebasan lahan. Sebab, lahan-lahan yang akan dijadikan stasiun pemberhentian atau jalur LRT sudah sepenuhnya menjadi milik Pemprov Sumsel. "Jadi tidak ada istilah pusing dengan pengadaan lahan," ujarnya. 

Mantan Kepala Badan Promosi dan Perizinan Penanaman Modal Sumsel tersebut menjelaskan, LRT Palembang akan dibuat sepanjang 24,5 km dengan 23 stasiun pemberhentian. Rutenya mulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga Kompleks Olahraga Jakabaring. 

Nilai investasi LRT Palembang ditaksir sebesar Rp 7,2 triliun. Tadinya, kata dia, Pemprov Sumsel sudah berusaha mengundang investor swasta untuk menanamkan investasinya. Sayangnya, belum ada investor yang tertarik karena dianggap kurang menguntungkan dari sisi bisnis. 

Karena belum ada investor swasta yang tertarik, pembangunan LRT Palembang ini akan dibiayai oleh negara. Apalagi, LRT direncanakan menjadi salah satu fasilitas transportasi pengangkut para atlet dan kontingen Asian Games. 

Dia mengatakan, ada beberapa skema pembangunan LRT yang sedang dikaji. Yakni melalui APBN ataupun melalui penugasan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain itu, ada juga opsi dibangun dengan skema kerjasama pemerintah-swasta atau public private partnership. 

"Mau skema seperti apa saja sih tidak masalah. Yang penting 'barangnya' jadi. Sebab, LRT ini akan meningkatkan citra Indonesia di mata dunia saat Asian Games nanti," ujarnya.

sumber : 


Video LRT Palembang :




Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan LRT di Provinsi Sumatera Selatan



RE: LRT Palembang - Bagazi - 05-01-2016

Palembang Icon



photo by


Depan Kantor BKN



Sekitar Bandara






photo by 



RE: LRT Palembang - Bagazi - 05-01-2016

Sekitar Komplek Jakabaring



photo by 




RE: LRT Palembang - dixtra - 05-01-2016

Selama ini gaungnya nyaris gak pernah terdengar tiba2 aja udah mau dibangun, beda banget dengan trem monorel di Surabaya, saya sudah ikut seminar pemaparannya di kampus tahun 2012 dan sampai sekarang belum ada pembangunan riilnya. Setelah saya lihat videonya, apakah LRT ini memakai gauge 1067 mm? Apakah melewati stasiun Kertapati?


RE: LRT Palembang - Adolph - 09-01-2016

Pak Mandor mau inspeksi nih


Quote:Menhub Jonan Tinjau Proyek LRT Palembang

Rimanews - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan meninjau Light Rail Transif (LRT) atau jalur kereta ringan di Palembang, Sabtu (09/1), untuk melihat perkembangan pembangunan yang telah dikerjakan selama ini.
Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Sumsel Erdian Syahri di Palembang, Jumat (08/1/2016) mengatakan, menteri perhubungan dijadwalkan akan meninjau progres pembangunan jalur kereta api ringan tersebut.

Menteri dan rombombongan dijadwalkan ke kota Lubuklinggau, Sumsel, selanjutnya menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kedatangan menteri itu akan disambut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan utusan proyek pembangunan PT Waskita.

Menurut dia, setelah istrahat 15 menit, menteri bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin meninjau jalur kereta api ringan itu. Peninjauan tersebut untuk memastikan pengerjaan jalur kereta api ringan persiapan Asian Games 2018.

Menhub siangnya melanjutkan perjalanan menuju Prabumulih untuk melihat stasiun kota tersebut. Kunjungan ke Prabumulih sendiri akan menggunakan kereta api melalui stasiun Kertapati Palembang.

"Usai mengunjungi kota Prabumulih tersebut menteri dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengupayakan pembangunan jalur rel kereta tunggal atau monorel di Kota Palembang untuk mengurangi kemacetan dan menunjang transportasi umum sesuai target.

Proyek monorel atau 'light rail transit/LRT' yang telah dimulai sejak dua bulan terakhir akan terus dipantau perkembangannya sehingga bisa selesai sesuai target sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Menurut dia, pembangunan monorel dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan pusat fasilitas olahraga terpadu Jakabaring Palembang sepanjang 25 kilometer harus tepat waktu sesuai dengan target yang ditetapkan.

Keberadaan monorel sangat dibutuhkan untuk memudahkan transportasi dan mobilisasi atlet, panitia, dan tamu pendamping dari 40 negera Asia ke tempat pertandingan dan menginap.

Untuk menyediakan transportasi publik yang memadai di daerah yang sering dijadikan tempat penyelenggaraan pertandingan olahraga tingkat nasional dan internasional itu, diharapkan Pemerintah Pusat dapat mendukung program yang direncanakan Pemprov Sumsel.




RE: LRT Palembang - Bagazi - 23-01-2016


Beda proyek mas, LRT Palembang ini sudah mempunyai perpres. Sehingga harus di percepat pembangunannya utk mengejar target Asian Games 2018. LRT ini menggunakan gauge 1067 sama seperti LRT Jabobek. LRT nya tdk melewati St. Kertapati, tapi langsung lurus via Jembatan Ampera, berikut petanya. 

Peta LRT Palembang



RE: LRT Palembang - Bagazi - 25-01-2016




- Tidak ada perubahan trase.
- Penyesuaian hanya pada kecepatan saat di tikungan.
- Ada jalur sejajar pipa pertagas tapi pipanya tidak tahu di mana.
- Ada 5 stasiun berubah (PDK => Asrama Haji, Dolog => Dishub Kominfo, Pasar Km5 => RSUD, Ang 45 => Demang Lebar Daun, Pal square => Pal Icon)
- Tidak ada perubahan trase soal LRT melintas di Bundaran air mancur.



RE: LRT Palembang - Bagazi - 25-02-2016

Update zone 3 ( Punti Kayu )




photo by 



RE: LRT Palembang - Bagazi - 06-05-2016


Pembangunan tiang lrt (light rail transit) di kawasan jakabaring sepertinya lebih cepat selesai dibanding kawasan jl kol h barlian. Tiang jalur lrt di jakabaring sudah sampai mengecor kerangka atas tiang.


RE: LRT Palembang - Bagazi - 27-05-2016

Profil Proyek Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan