Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Argo Wilis (Pengalaman, diskusi, video)

"OOT"Biasanya memang KA yang jalan malem lebih mahal soalnya beban listrik lebih banyak. Dalam kasus ini Turangga khan jalan malem sementara si Wilis siang.
[/quote]

thanks infonya Xie Xie
[/quote]

ah ga juga kok, klo faktor beban listrik kenapa golis sejak brkt dari SGU lampu interior sdh nyala. sama kayak jalan di malam hari dong??
[/quote]

Kalo cuaca cerah, tiap KA yg jalan pagi jg smua lampunya waktu pertama brangkat jg dinyalain, tp ga sepanjang perjalanan dinyalain, sampe stenga 8an paling lambatnya lampu dimatiin, klo mendung gelep bgt lampu ttp dinyalain, kalo diperjalanan ada lewatin terowongan yg bner itu lampu akan dinyalain lg sbntar spanjang lorong itu, klo lampu ga dimatiin jg sampe stengah jalan (uda tengah hari) pdhl cuaca cerah, itu kapt crewnya yg lupa brarti.
Saat perjalanan sampe tempat tujuan sore ato malem, maka dari jam stenga 5 sore lampu dinyalain lg sampe tempat tujuan & itu semua harus.

Kalo soal perbedaan harga, sama kek yg dijawab diatas: harga KA malem emank pasti lebi mahal biar dikata cuma goceng, alesannya buat dana apanya yg beda? Jawabannya yg jlas bisa dijawab krn pelayanan dimalem hari lebi mahal.
Sama aja itungannya sklipun ente seorang crew KA & mass sklipunan, pekerjaan apapun kalo dilakukan dimalem hari itu lebi berat dibanding di siang hari, sklipun ente bicara uda terbiasa skalipun, apalagi dlm perjalanan, krn resiko keamanan perjalanan itu lebi gede dibanding saat siang hari.
Nah, disitulah 'lebih mahalnya' perjalanan malem itu digunakan, yaitu bayaran lebih buat mereka2 yg melayani qta, entah dlm bentuk apapun mereka mengembalikan pelayanannya ke qta, entah itu selimut gratis yg disiang hari itu harus sewa, entah itu kalo pas hari raya itu ada tuslah snack buat sarapan pagi, ato polsuska yg lebi sering mondar mandir jaga barang bawaan qta saat malem, ato apapun, itulah bisa dikata bentuk yg qta bayar lebih.
Sementara kalo ada KA yg pelayanannya ga jlas blas klo malem ya itu brarti itu rasa tanggung jawab crew pd saat itunya yg perlu dipertanyain & di complain.
[/quote]

manteb gan infonya. Xie Xie Xie Xie

mo nanya lagi nih Nyengir
perbedaanya Argo Wilis SGU-BD sama Turangga SGU-BD itu apa sih ?
selain jadwal pemberangkatannya.
Reply
Quote:mo nanya lagi nih Nyengir
perbedaanya Argo Wilis SGU-BD sama Turangga SGU-BD itu apa sih ?
selain jadwal pemberangkatannya.

perbedannya Rangkaian Wilis punya BD, sedangkan Turangga punya SDT
trus kalau Wilis (rangkaian seri 98) tvnya masih Tabung imut2 lagi, kalau Turangga udah LCD/LED TV
Wilis operator tvnya KATV kalau Turangga operatornya RESTVXie Xie
Reply

Nambahin sedikit, kalau wilis kelas argo, turangga kelas satwa....ya meskipun sekarang perbedaan itu sudah tidak terasa.
Lok Merah Biru Mutiara Timur Ada Sejak Tahun 1972
Reply

Nambahin sedikit, kalau wilis kelas argo, turangga kelas satwa....ya meskipun sekarang perbedaan itu sudah tidak terasa.
[/quote]

Lho, turangga pakenya ResTV tah?
Tak pikir dia KATV jg, secara dia kan dah lama ada, smentara ResTV yg ane tau lahirnya blakangan.
Ngeledek

Dari lahirnya kalo liat dr jadwal yg disebar di sta mah kduanya ga kliatan bedanya sama skli, tempat turun naek penumpangnya aja sama si, tapi kalo soal lawan silangnya baru kliatan sdikit perbedaannya antara wilis sama turangga, baru disitu cukup keliatan perbedaan kastanya, tp itupun tipis bedanya, dikarenakan lawan silangnya gimanapun turangga lebi banyak ja dibanding wilis.

Perbedaannya juga kalo jlas terliatnya si daya angkut turangga lebi besar kapasitasnya si yak drpd wilis, faktor dari ketersediaan K1 milik depo masing2 yg jd faktor terbesarnya (krn BD punya lebi banyak trip make K1 si dibanding SDT, perbandingannya hampir 7:3)
Selaen itu ada masa2nya juga wilis yg uda krisis rangkaiannya mengalami krisis okupansi jg, krn perjalananya yg memerlukan sepanjang hari, membuat aktifitas penumpang terhambat (beda dg turangga yg perjalanannya ditempuh sepanjang malem, penumpang memang sudah waktunya dinner, tidur & sarapan diwaktu perjalanannya itu), ditambah lg dg beberapa hal laen soal pelayanannya yg spt qta tau sblom skrang2 ini pelayanan dari operator pernah mengalami masa kritis sklipun masi ada tuslah.
Reply

Jawaban para temen2 RF di atas bener2 semua, perbedaan dipo kereta, perbedaan kelas semuanya memang bagian dari perbedaan kedua kereta ini.
apalagi penjelasannya si Andrew, wah itu mah penjelasannya Master RF sampe perbedaan silang aja tau kayaknya.:p
tapi saya mau menjabarkan perbadaan dari segi orang awam yang ga ngerti KA sama sekali, naek KA karena memang ada keperluan, (bayar naek KA sampe) selesai deh dan pura-puranya saya ini sebagai orang awam yang naek kedua KA ini, misal naek Turangga dari surabaya dan pulangnya wilis ke surabaya.Ngeledek

setelah si awam naek kedua KA ini dia tidak melihat perbedaan sama sekali di kedua kereta ini, lha kenapa?Heran
dari segi waktu?lho koq sama di kisaran angka 12 jam.
dari segi pelayanan?lho koq sama lagi semuanya standar kelas eksekutif dengan tipi ac yg hmm cukuplah, kursi yang hmm empuk bantal kecil di tiap kursi de el el,malah kadang2 ada standar kelas ekonomi disana dia menjumpai asongan tereak2 di ujung bordes sana.
dari segi kelas?lho koq sama, padahal yang 1 itu Argo kelas paling tinggi di KA, orang awam mana ngerti kelas satwa dalam KA.
dari segi fasilitas?lho koq sama lagi, sama2 dapat bantal doang, dan kalo malam dapat selimut deh, kursinya juga sama, si awam ini mikir dimana ARGOnya?Bingung

Akhirnya setelah naek kedua KA ini karena ada keperluan di Bandung, si awam ini punya kesimpulan padahal kan WIlis ini ARGO, hmm harusnya waktu tempuh jauh lebih cepat dong dari eksekutif biasa si Turangga, dan harusnya dia dapat makan di kelas yang "WAH" ini, tapi air mineral gelas aja dia tidak dapatkan, dimana ya ARGOnya?
Dia masih mikir2 dan sampe pada kesimpulan, wah ni KA gada bedanya, yang jelas beda berarti kalo mau berangkat pagi ke Bandung ya pake Wilis, kalo malam berangkatnya ya pake Turangga.
udah itu aja....Ngakak

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply

Jawaban para temen2 RF di atas bener2 semua, perbedaan dipo kereta, perbedaan kelas semuanya memang bagian dari perbedaan kedua kereta ini.
apalagi penjelasannya si Andrew, wah itu mah penjelasannya Master RF sampe perbedaan silang aja tau kayaknya.:p
tapi saya mau menjabarkan perbadaan dari segi orang awam yang ga ngerti KA sama sekali, naek KA karena memang ada keperluan, (bayar naek KA sampe) selesai deh dan pura-puranya saya ini sebagai orang awam yang naek kedua KA ini, misal naek Turangga dari surabaya dan pulangnya wilis ke surabaya.Ngeledek

setelah si awam naek kedua KA ini dia tidak melihat perbedaan sama sekali di kedua kereta ini, lha kenapa?Heran
dari segi waktu?lho koq sama di kisaran angka 12 jam.
dari segi pelayanan?lho koq sama lagi semuanya standar kelas eksekutif dengan tipi ac yg hmm cukuplah, kursi yang hmm empuk bantal kecil di tiap kursi de el el,malah kadang2 ada standar kelas ekonomi disana dia menjumpai asongan tereak2 di ujung bordes sana.
dari segi kelas?lho koq sama, padahal yang 1 itu Argo kelas paling tinggi di KA, orang awam mana ngerti kelas satwa dalam KA.
dari segi fasilitas?lho koq sama lagi, sama2 dapat bantal doang, dan kalo malam dapat selimut deh, kursinya juga sama, si awam ini mikir dimana ARGOnya?Bingung

Akhirnya setelah naek kedua KA ini karena ada keperluan di Bandung, si awam ini punya kesimpulan padahal kan WIlis ini ARGO, hmm harusnya waktu tempuh jauh lebih cepat dong dari eksekutif biasa si Turangga, dan harusnya dia dapat makan di kelas yang "WAH" ini, tapi air mineral gelas aja dia tidak dapatkan, dimana ya ARGOnya?
Dia masih mikir2 dan sampe pada kesimpulan, wah ni KA gada bedanya, yang jelas beda berarti kalo mau berangkat pagi ke Bandung ya pake Wilis, kalo malam berangkatnya ya pake Turangga.
udah itu aja....Ngakak
[/quote]

Benar om joe, orang AWAM tidak akan tahu bedanya...lah wong sama2 kelas eksekutif
Lok Merah Biru Mutiara Timur Ada Sejak Tahun 1972
Reply

Jawaban para temen2 RF di atas bener2 semua, perbedaan dipo kereta, perbedaan kelas semuanya memang bagian dari perbedaan kedua kereta ini.
apalagi penjelasannya si Andrew, wah itu mah penjelasannya Master RF sampe perbedaan silang aja tau kayaknya.:p
tapi saya mau menjabarkan perbadaan dari segi orang awam yang ga ngerti KA sama sekali, naek KA karena memang ada keperluan, (bayar naek KA sampe) selesai deh dan pura-puranya saya ini sebagai orang awam yang naek kedua KA ini, misal naek Turangga dari surabaya dan pulangnya wilis ke surabaya.Ngeledek

setelah si awam naek kedua KA ini dia tidak melihat perbedaan sama sekali di kedua kereta ini, lha kenapa?
dari segi waktu?lho koq sama di kisaran angka 12 jam.
dari segi pelayanan?lho koq sama lagi semuanya standar kelas eksekutif dengan tipi ac yg hmm cukuplah, kursi yang hmm empuk bantal kecil di tiap kursi de el el,malah kadang2 ada standar kelas ekonomi disana dia menjumpai asongan tereak2 di ujung bordes sana.
dari segi kelas?lho koq sama, padahal yang 1 itu Argo kelas paling tinggi di KA, orang awam mana ngerti kelas satwa dalam KA.
dari segi fasilitas?lho koq sama lagi, sama2 dapat bantal doang, dan kalo malam dapat selimut deh, kursinya juga sama, si awam ini mikir dimana ARGOnya?Bingung

Akhirnya setelah naek kedua KA ini karena ada keperluan di Bandung, si awam ini punya kesimpulan padahal kan WIlis ini ARGO, hmm harusnya waktu tempuh jauh lebih cepat dong dari eksekutif biasa si Turangga, dan harusnya dia dapat makan di kelas yang "WAH" ini, tapi air mineral gelas aja dia tidak dapatkan, dimana ya ARGOnya?
Dia masih mikir2 dan sampe pada kesimpulan, wah ni KA gada bedanya, yang jelas beda berarti kalo mau berangkat pagi ke Bandung ya pake Wilis, kalo malam berangkatnya ya pake Turangga.
udah itu aja....Ngakak
[/quote]

Benar om joe, orang AWAM tidak akan tahu bedanya...lah wong sama2 kelas eksekutif
[/quote]

Nah, itu tepatnya
Klo yg nanya nya orang awam ya kembali lg jawabannya ga da bedanya
Klo yg nanya nya RF, ya jawabannya beda
Ngakak
Reply
Maaf om om, mau nanya tentang Argo Wilis. Apakah pernah nyangkut di Wilis kereta milik Gopar, Turangga, atau bahkan Sembrani?? Dan apakah kereta ini sering telat??
Reply

Kalo KA nya Gopar sih biasanya rotasi antar kereta nya. Tapi keseringan si GoLis ini pake K1 batch 98 yg notabene punyanya GoLis itu sendiri. Sedang GoPar pake yg batch 02. Kalo K1 Turangga dan Sembrani kyknya jarang bahkan ga pernah deh. Setau ane gitu. Xie Xie
Facebook :
Twitter :
Flickr :
Youtube :

Majulah Perkeretaapian Indonesia
Reply

Kalo gopar si lumayan sering si yak, scara dia kan sama2 depo induk kereta nya BD, apalagi perjalanannya jauh bgitu butuh rotasi, nah rotasi rangkeannya sama gopar.
Kalo turangga cuma pernah liat 1-2x aja pas darurat.
Kalo sembrani ato yg depo induknya SBI rasanya blom pernah liat atopun denger tuh.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)