Thread Rating:
  • 2 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jalur mati Secang-Ambarawa-Tuntang
#41
Mas ada info terbaru ngga.....
Kalo turntable di stasiun Ambarawa ..... dihidupkan lagi nggak ya....
biar pas loko B25 jalan ke Tuntang tidak dalam posisi mundur .....
sekalian juga di Stasiun Tuntang dipasang turntable .... biar para wisatawan yang naik kereta dapat ikutan muterin loko itu ....

Sudah lama tidak ke Ambarawa .....tidak pulang kampung ......
Pak Eko.....trims atas liputannya .....
Reply
#42

Turntable-nya ada 2, di Ambarawa sama Bedono. Sebenarnya gampang, mas, tinggal diberi besi pegangan trus porosnya diperbaiki nanti bisa dioperasikan lagi, jadi loko tetap bisa diputar. Tinggal ditunggu saja.
Reply
#43

Amiin...
Apakah nantinya si Joglosemar akan lewat jalur ini...??? Tp kalau lewat jalur ini nama Joglosemar ga cocok lagi coz ga lewat Solo...???Bingung
[/quote]


sulit bro, masak KRDI nanti lewat jalur bergerigi???Ngeledek


kalo memungkinkan bikin jalur baru plus terowongan biar gak naik turun....




btw kalo lok uap gak bisa mending pake lok diesel D300/D301 atw B300 buat KA wisata , gerbongnya dibuat kayak punokawan dulu Xie Xie
Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri Ngiler
Reply
#44


sulit bro, masak KRDI nanti lewat jalur bergerigi???Ngeledek


kalo memungkinkan bikin jalur baru plus terowongan biar gak naik turun....




btw kalo lok uap gak bisa mending pake lok diesel D300/D301 atw B300 buat KA wisata , gerbongnya dibuat kayak punokawan dulu Xie Xie
[/quote]

Lho, dulu NIS membangun jalur rel gerigi tu karena pd waktu itu NIS baru krisis keuangan, karena membuat terowongan itu biayanya mahal, jadi NIS berinisiatif membikin rel gerigi di tengah jalur tersebut. Karena hal itu biayanya bisa ditekan seminim mungkin.

Justru adanya rel gerigi itulah yg membuat wisatawan tertarik dgn KA wisata Ambarawa, soalnya rel gerigi itu skrg tinggal 3 di dunia, yaitu di Swiss, India sama Indonesia sendiri (kalau g salah).
Reply
#45


sulit bro, masak KRDI nanti lewat jalur bergerigi???Ngeledek


kalo memungkinkan bikin jalur baru plus terowongan biar gak naik turun....




btw kalo lok uap gak bisa mending pake lok diesel D300/D301 atw B300 buat KA wisata , gerbongnya dibuat kayak punokawan dulu Xie Xie
[/quote]

Lho, dulu NIS membangun jalur rel gerigi tu karena pd waktu itu NIS baru krisis keuangan, karena membuat terowongan itu biayanya mahal, jadi NIS berinisiatif membikin rel gerigi di tengah jalur tersebut. Karena hal itu biayanya bisa ditekan seminim mungkin.

Justru adanya rel gerigi itulah yg membuat wisatawan tertarik dgn KA wisata Ambarawa, soalnya rel gerigi itu skrg tinggal 3 di dunia, yaitu di Swiss, India sama Indonesia sendiri (kalau g salah).
[/quote]

iya bang ane juga udah tau itu...

tapi jalur bergerigi sekarang cocoknya buat KA wisata , bukan KA reguler...

kalo sekarang mau mnghidukn jalur ambarawa-secang harus bikin jalur baru yang gak naik turun, mungkin dibuat terowongan biar mempersingkat waktu....Xie Xie

lagipula kalo jalur bergerigi pasti taspatnya rendah bang...Ngeledek
Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri Ngiler
Reply
#46

Enggak juga tuh, kalau bisa ngakalin pakai loko CC 50, jalur datar maupun menanjak tidak masalah. Membuat jalur baru Ambarawa-Secang yg notabene jalur pegunungan bisa menghabiskan uang negara. PT KA mana mau bikin jalur baru hanya untuk tujuan yg sama? Mending jalur wisatanya dipakai terus aja, nanti sekalian relnya di-upgrade dgn bantalan beton dan R-54 plus gerigi bagi lok B 25.

Kalau bisa jalur yg dibangun lagi tu bisa utuh dari Yogyakarta ke Kedungjati, lok yg dipake adl lok uap spt D 52, CC 50, C 20, B 25 atau BB 10. Menarik sekali kereta uap bisa mampir ke Yogya lagi setelah sekian lama hilang dan digantikan oleh lokomotif diesel.
Reply
#47

Enggak juga tuh, kalau bisa ngakalin pakai loko CC 50, jalur datar maupun menanjak tidak masalah. Membuat jalur baru Ambarawa-Secang yg notabene jalur pegunungan bisa menghabiskan uang negara. PT KA mana mau bikin jalur baru hanya untuk tujuan yg sama? Mending jalur wisatanya dipakai terus aja, nanti sekalian relnya di-upgrade dgn bantalan beton dan R-54 plus gerigi bagi lok B 25.

Kalau bisa jalur yg dibangun lagi tu bisa utuh dari Yogyakarta ke Kedungjati, lok yg dipake adl lok uap spt D 52, CC 50, C 20, B 25 atau BB 10. Menarik sekali kereta uap bisa mampir ke Yogya lagi setelah sekian lama hilang dan digantikan oleh lokomotif diesel.
[/quote]

Maksud saya bukan bgt bro, aspek pasar yg sy maksud bkn wisata tp reguler tujuanya penglaju dari semarang ke jogjakarta yg notabene bth kecepatan dan kenyamanan.

Untuk skrg pasar tersebut dipegang oleh bus, kalo misalnya dijalankan kerta menggunakan lok uap dan melewati jalur menanjak sprti itu, pasti bth waktu yg gak sedikit, dari taspatnya saja dah lambat bgt, apa lg hrs ngisi air bwt lok uapnya, kalo dibikin jalur baru mngkn bkl mnghmbat dibangunya jalan tol coz bkl pikir 2 kali kalo pasar mereka udah direbut KA.

Kalo buat wisata ttp sprti itu saja sudah sangat bgs koq
Bgtu maksud saya bro...
Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri Ngiler
Reply
#48

Oalah, mau KA gerigi yg cepat dan mengutamakan kebutuhan penglaju? Panggil saja BB 204 kemari!Ngakak
Reply
#49

Oalah, mau KA gerigi yg cepat dan mengutamakan kebutuhan penglaju? Panggil saja BB 204 kemari!Ngakak
[/quote]


ayooo kembali ke bahasan semula....mas Lori dan mas anrico.
Back on Topic
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
#50

Oalah, mau KA gerigi yg cepat dan mengutamakan kebutuhan penglaju? Panggil saja BB 204 kemari!Ngakak
[/quote]


ayooo kembali ke bahasan semula....mas Lori dan mas anrico.
Back on Topic
[/quote]

iya kang, maap...Xie Xie
Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri Ngiler
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)