Posts: 1,158
Threads: 0
Joined: Oct 2010
Reputation:
8
{socialsites}
loknya sudah selesai diprservasi om (B 51 12) kmren juga sudah ditandatngani MoU untuk melanjutkan revitalisasi jalur ini oleh dirut kai, dirjen ka, dan pemprov jateng di sta ABR (kalo ga salah ada di trit sebelah) yang diaktivasi kan Tuntang-Kedungjati, untuk lintas YK-MGL-SECANG sendiri sepenglihatan ane udah dipasang plang aset KAI dengan logo baru, kalaupun dihidupkan jalur dari YK ini kemungkinan hanya sampai MGL, soale lepas MGL arh Secang plang asetnya makin sedikit...cmiiw.....
RF aatea_goparmania, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Oct 2010.
Posts: 140
Threads: 0
Joined: Apr 2010
Reputation:
4
{socialsites}
Dari Secang sampai Ambarawa tanda asetnya ada koq. Cuma karena jalurnya banyak yang tidak di pinggir jalan raya, jadi terkesan jarang. Tetapi yang jalurnya dekat dengan jalan raya, terlihat ada tanda aset berupa plang atau patok.
Yang menarik, jika ada plang penanda (bukan patok), biasanya di sekitar itu adalah bekas stasiun, seperti terdapat pada bekas stasiun Kalitelon, yang terletak di daerah Pingit, Temanggung, pada pinggir jalan raya Ambarawa-Secang, (dekat perbatasan Kab Semarang dan Kab Temanggung).
Dreaming of TTG-KEJ track (re)activation ---> My dreams will come true!
Posts: 288
Threads: 0
Joined: Nov 2010
Reputation:
1
{socialsites}
“Progresnya tahun ini sedang DED, tahun depan baru konstruksi dan targetnya 2015 sudah dapat beroperasi penuh"
sedang DED alias mati.... DED DED DED... hugghh sebel banget nunggu ni jalur hidup lagi, keburu DED railfannya
RF fajarwe, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Nov 2010.
Posts: 140
Threads: 0
Joined: Apr 2010
Reputation:
4
{socialsites}
Semoga cepat terlaksana!
06 Oktober 2013 | 21:45 wib
KA Kedungsapur Butuh Rp 6,74 Triliun
SEMARANG, suaramerdeka.com - Pengadaan kereta api (KA) perkotaan Kedungsapur butuh biaya tak sedikit. Untuk mengaktifkan jalur-jalur yang sudah mati, tiap kilometer membutuhkan biaya Rp 20 miliar.
Konsultan perencana KA perkotaan Kedungsapur, Djoko Setjowarno mengatakan, dana tersebut sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah pusat. Panjang lintasan KA Kedungsapur 337 km, total biaya Rp 6,74 triliun.
"Untuk mengaktifkan kembali jalur KA, Kemenhub akan menggunakan jalur lama yang telah ada. Seperti koridor Ambarawa-Jambu-Bedono-Secang-Muntilan-Magelang-Yogyakarta, tetap akan menggunakan jalur lama. Pemerintah juga telah menyiapkan kereta untuk jalur menanjak seperti disana," katanya.
Untuk pengadaan kereta ekonomi menjadi tanggung jawab Kemenhub. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) tahun depan akan memesan 700 kereta di PT Inka dengan skema pinjaman bank, untuk menggantikan KA Argo. Tiap tahun akan datang 100 kereta.
Proyek ini diperkirakan dibangun dalam lima sampai enam tahap. Panjang lintasan KA Kedungsapur meliputi koridor Weleri-Kaliwungu-Semarang-Brumbung-Gubug-Gambringan-Kradenan, koridor Brumbung-Kedungjati-Gundih, Semarang-Demak-Godong-Purwodadi-Gambringan-Gundih, dan Kedungjati-Tuntang-Ambarawa.
( Fani Ayudea / CN38 / SMNetwork )
Dreaming of TTG-KEJ track (re)activation ---> My dreams will come true!
Posts: 2,796
Threads: 0
Joined: Sep 2008
Reputation:
25
{socialsites}
Quote:"Untuk mengaktifkan kembali jalur KA, Kemenhub akan menggunakan jalur lama yang telah ada. Seperti koridor Ambarawa-Jambu-Bedono-Secang-Muntilan-Magelang-Yogyakarta, tetap akan menggunakan jalur lama. Pemerintah juga telah menyiapkan kereta untuk jalur menanjak seperti disana," katanya.
wooow. bisa2 BB204 pindah ke jawa nih...
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Posts: 82
Threads: 0
Joined: Nov 2013
Reputation:
1
{socialsites}
OOT sedikit.
waktu itu nonton talk show disalah satu stasiun televisi tentang revitalisasi KA.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) punya planning jangka panjang sampai 2032, dimana pada tahun tersebut seluruh jalur KA yang mati baik di Jawa-Sumatera telah diaktifkan kembali serta pembuatan jalur KA di Sulawesi dan Kalimantan.
Dan untuk sekarang ini hingga tahun 2018, target PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DT jalur utara-selatan sudah bisa beres dan jalur mati di pulau jawa sudah aktif kembali.
Pengaktifan jalur mati diawali dari sini. Kedungjati - Ambarawa - Jogja. CMIIW