Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
KA Joglosemar Riwayatmu Kini.....
#1
Saya agak prihatin kenapa PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IV selalu gagal dg project KA semarang- Yogya? Dulu Pandanwangi, namun tidak lama jalurnya dipangkas jadi Semarang- Solo.
Kira-kira 7 tahun kemudian KA Banyubiru / Joglosemar, namun sekarang sudah pensiun cuma SETAHUN JALAN.!!!

Ada pendapat dari Agan-agan.....??BingungBingungBingung
Reply
#2

Kalau versi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) jawabannya : Besar Pasak daripada tiang
Kalau versi Penumpang : Besarnya tarip nggak ketulungan
Xie XieNgakak
Reply
#3
kalo mau boleh kasih pendapat, faktor KA semarang-solo/yogya gagal terus karena
1. jalur semarang-solo terlalu memutar jauh lewat grobogan, sedangkan rel yang dipakai maish belum memadai untuk digeber sampai 100 km/jam layaknya jalur utama, normalnya sekarang cuma 50-8- km/jam, itu saja udah anjrut2an
2. kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, pengalaman saya yg udah 4 tahun bolak-balik solo-semarang hanya 20-30% orang yang tau ada kereta yang menuju semarang dari solo dan sebaliknya.
3. perawatan aramada yang sangat kurang, dibandingkan bus yang udah berAC armada KA hanya memakai kelas ekonomi, paling pol KD2 itupun sudah bulukan.
4. Pasar yang dituju bukan penglaju yogya-solo-semarang, namun daerah antara semarang-gundih sehingga sering berhenti dijalan, memang dari awal pasar yang dituju adalah kota2 besar namun karena sepi/kurang peminat akibat yang ada di point 2 tadi maka pasar dialihkan untuk komuter semarang dan komuter solo (yng angsung naik solo-semarang PP cuma kurang dari 30%, selebihnyanaik/turun distasiun kecil)
5. yang terakhir jam keberangkatan yang terbatas cuma 2X PP (baik pandanwangi maupun banyubiu), padahal mobilitas komuter solo-semarang hampir 24 jam


sekian analisa dari saya, selebihnya mohon maaf
Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri Ngiler
Reply
#4
Sedihya mas dani emang betul sungguh memprihatinkan banyak pihak khususnya bagi konsumen ka dan para railfans.inilah gambaran pt ka kalau mengelola usahanya asal asalan kalau udah dapat untung ujung2nya buntung selamanya.sepertinya sudah jadi tradisi dan budaya di pt ka di era masa lalu dan sekarang ini.pt ka suka menggumbar omongan saja tapi wujudnya selalu nihil.ka tidak hanya joglo semar yang umur beroperasinya pendek tetapi saudara2nya juga banyak yang jadi korban pt ka sendiri misal pandan wangi,banyu biru,maleks,caneks,surokerto,prieks dll dengan alasan okupansinya sedikit,tarif mahal jadi daya belinya lemah dan armadanya rusak.inilah yang harus segera di benahi dan dirombak oleh pt ka untuk selamanya agar ke depanya ka bisa terus diminati dan dicintai para penggunanya.
Reply
#5
Masa lalu...cm PT KA yang tw nasib kereta ini Sad
Ketika anda berniat mencari pengetahuan atau ilmu, yang harus anda lakukan adalah membaca, mencari informasi, mendengar diskusi, dan memberi pendapat yang logis. Dan itulah gunanya forum :3.

Apakah Hibernasi bisa menghasilkan ilmu dan informasi? Semua orang pun tau jawabannya...

Hibernasi いみは ねていきます. XDa
l


Reply
#6
Pertanyaan saya :
1. Warna merah pertama : maksudnya PT. Kereta Api Indonesia (Persero) usaha asal-asalan apa mas?
2. Warna merah ke dua : maksud PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mengumbar omongan apa?dan contoh pernyataan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mengumbar omongan?
3. Warnah merah ke tiga : pnp antri tiket mulai tengah malam, untuk perjalanan 90 hari sebelum perjalanan apa itu tidak dicintai dan diminati?

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sudah membuat perubahan yang signifikan selama dipegang Pak Yonan, dan saya melihat sangat bagus. Mas abdi kan mengkritik PT.KAI. Ayo dijawab maksud kritkan anda, kita diskusikan forum ini dengan nyaman.
Reply
#7
Quote: [/quote]

Sudah om - om saya hanya berusaha mendamaikan , tidak perlu pakai urat kalo bisa . Mohon maaf , kan kita hanya berdiskusi disini . Seherusnya bisa saling membantu informasi , mohon maaf bukan maksud saya membela salah satu orang . Saya netral yaaa , hehehe Playboy
[spoiler] [/spoiler]
Reply
#8

Ya kalau saya si simple aja....kalau saya seandainya ditempatkan sebagai penumpang awam,
1. Asal asalan? jelas...kereta baru seumur jagung jelas koit. Karena promosi tidak merata. Dan tiap daerah butuh adaptasi. Kayak masa-masa kaligung eko. Kenapa sekarang rame karena saat itu kaligung walau sepi okupansi tetap dibiarkan berjalan. Setelah satu tahun ketika masyarakat tahu bahwa ada kereta ke tegal, namanya KA KAligung express MURAH lagi. maka dari itu masyarakat menjadi terbiasa.
Sejak perubahan ke PT sepur, memang banyak kereta baru yang bermunculan. Namun cepet tewas karena baru 3 bulan dianggap okupansi rendah dan di hapus pdhl orang-orang belum adaptasi dengan jadwal KA baru tersebut. Ditambah harga yang terus naik sementara pesaingnya lebih murah. Serta tak melihat pangsa pasar di stasiun di lewatinya. Karena pemikiran PT sepur skrg not customer oriented lg. tapi product oriented. Yang penting perusahaan untung. Jika ada sesuatu yang bisa menyebabkan kerugian perusahaan jd leibih baik di eliminasi saja :v. Efek ketidaksabaran ini lah yang kadang bkin kereta-kereta baru dihapus. Uda banyak kok, ditambah pelayanan yang ga sesuai dengan yang dibayarkan ama penumpang nya.

2. Mengumbar.....ya mengumbar angkutan rakyat yang murah meriah....lalu ka ekonomi lokal pelan-pelan di hapus agar penumpang berpindah ke KA komersial yg lebih mahal :v. Ya itu normal sih, secara tujuannya kan uda bukan customer oriented lagi. hahahaha. Buat banyak wacana bla bla bla, mau buat jalur A, B. C, D. KA A,B,C,D. Tapi tanpa liat pasar yang ada. ya mirip di nomor 1 tadi xixixix. Stasiun yang di lewatin stasiun yang isinya pedangan menengah kebawah. dikasih tarip tinggi yang penting dapat untung. Kalau da kepepet keluarkah kalimat mutiara "Silahkan menggunakan Alternatif Lain" :v Ya tenang aja sih, penumpang kereta jg ga bakal pergi kok....secara nanti sisanya tinggal penumpang2 yang menengah keatas aja yang bisa naik kereta Wek. Rakyat jelata naik alternatip lain aja.....ya termasuk K3 subsidi yang sekarang makin langka TIKETnya karena di habisi CALO dan Pengurangan rangkean yang diganti K3AC Wek.

3. H-90 dan tengah malam ga selamanya bagus. malah aku lebih setuju H-30. kalau perlu khusus K3 dibeli hari H. wakakakakak. kenapa? ya pasca H-90 banyak penumpang K3 justru kesusahan nyari tiket. Kondisinya uda ga manusiawi itu di stasiun2. Justru beberapa malah di dapat dari CALO berdasarkan PS beberapa saat lalu. hahahaha. Saya juga ga habis pikir, kadang hebat ya CALO ama org Tiketing. Tiket sisa 200 kursi dibilang habis. loket baru buka 5 menit uda abis. alasannya online. wkwkwkwk. Tapi ga salah jg sih perusahaan, kan pengen ngarahin penumpang k3 subsidi naik angkutan lain atau naik K3 komersial atau K2 or K1 hahaahhaa. Jujur saya dulu setuju ama kebijakan tidak ada tiket berdiri. Namun skrg rasanya percuma kalau rangkaian di kurangi begitu. hahahahha.

Dari realitas lapangan tersebut, uda jelas sebenare Operator emang uda ga pro rakyat. Tapi pro ama orang yang masih mau menggunakan kereta api komersial. hahahahha. Ini blm termasuk kasus kereta komersialnya sendiri yang mahal tapi pelayanan tak sesuai dengan yang dibayar. Ditambah pesaingnya makin berani memberikan inovasi dengan harga lebih murah wkwkwkwkw.

Jadi kangen masa-masa TOP21 ni....masa-masa kereta api masih jaya dan pro rakyat...bukan seperti saat ini :v.

nb: jadi teringat salah satu statment dari petinggi dari sebuah stasiun besar di Jawa pas wawancara tentang lebaran tahun ini. beliau bilang, "Kami sudah tidak butuh penumpang lagi. Kalau penumpang tidak suka silahkan menggunakan alternatif lain."


Ya mgkn bener kata Alm Bravo Pakde Totok "membahas pelayanan operator sepur emang tidak ada tamatnya."
Ketika anda berniat mencari pengetahuan atau ilmu, yang harus anda lakukan adalah membaca, mencari informasi, mendengar diskusi, dan memberi pendapat yang logis. Dan itulah gunanya forum :3.

Apakah Hibernasi bisa menghasilkan ilmu dan informasi? Semua orang pun tau jawabannya...

Hibernasi いみは ねていきます. XDa
l


Reply
#9
Astagfirulloh...
Sombong sekali statement itu Sad
Reply
#10

Ya begitulah kang...kalau soal kata mutiara "silahkan menggunakan alternatip lain" OK lah....penumpang boleh milih. Tapi kalau uda bilang, "kami tidak butuh penumpang." jd pemikirannya penumpang akan mencari kereta api.....ya iya sih nyari...tp kalau dipersulit penumpang jg bakal beralih ke alternatip lain Heran
Ketika anda berniat mencari pengetahuan atau ilmu, yang harus anda lakukan adalah membaca, mencari informasi, mendengar diskusi, dan memberi pendapat yang logis. Dan itulah gunanya forum :3.

Apakah Hibernasi bisa menghasilkan ilmu dan informasi? Semua orang pun tau jawabannya...

Hibernasi いみは ねていきます. XDa
l


Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)