Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bima
diodongin itu arti sesungguhnya adalah dikadalin dan didahului masuk ke gambirnya ya? Big Grin
Aku ingin kembali terGILA-GILA pada Kereta Api... Cinta
Nanda.TrainLovers asLi Surabaya..
^ ^

my FB : [email protected]
Reply

iya om, bahaya banget kalo hal itu terjadi pada hari senin
Fanboys are people who are willing to defend and promote the object of their affection. They are rarely objective and disregard facts that contradict their opinions.
BB: 55FFFBE5
Reply

iya om, bahaya banget kalo hal itu terjadi pada hari senin
[/quote]

bener banget...Ngakak
kasihan orang2 yang kudu masuk kerja pagi hari itu juga ya...Bingung
Aku ingin kembali terGILA-GILA pada Kereta Api... Cinta
Nanda.TrainLovers asLi Surabaya..
^ ^

my FB : [email protected]
Reply

betul om, waktu tgl 10 mei lalu naik 34 hampir 50% penumpang turun di PWT
[/quote]

Kalau Bima ganjil, kebanyakan penumpangnya ternyata naik dari SLO n YK
[/quote]

iya, secara harga bima untuk ke PWT sekarang selisihnya 20.000 lebih mahal dari purwojaya eksekutif, kebanyakan orang (termasuk ane) mungkin milih bima (apa gajayana) sekalian, selisih harga nggak jauh (nggak kayak taksaka), jelas lebih bagus & lebih nyaman. Bye Bye
Reply

betul om, waktu tgl 10 mei lalu naik 34 hampir 50% penumpang turun di PWT
[/quote]

Kalau Bima ganjil, kebanyakan penumpangnya ternyata naik dari SLO n YK
[/quote]

34 juga penumpangnya banyak yg naek dari CN, kebanyakan dg tujuan MN sampe SB.
Yg gw baru inget lagi dari ngobrol2 di group mutiim pagi biasanya ga brangkat SGU sblom turangga, bima & mutsel nyampe; sementara muttim malem ga brangkat sblom argo wilis & sancaka nyampe, itu tujuannya mengakomodasi penumpang yg mau ngelanjut ke JR/BW kan, ada yg tau brapa banyak rata2 okupansi /KA muttim yg sambungan dr KA laen?
Scara kalo muttim malem sambungan dr sancaka si ga heran k subuh nyamkalo banyak yg nyambung krn jamnya enak & pas banget, masuk muttim langsung tidur, besok subuhnya uda sampe. Sementara kalo muttim pagi yg nyambung masa ya penumpangnya dr YK-SLO-MN-KTS, secara turangga, bima & mutsel masuk 4 sta itu masi dini hari biasanya penumpang masi males bgt, palingan yg nyambung penumpang yg naek dr CN ato terutama PWT yg jam sampenya 34 disana masi stenga 10.15an malem, brarti paling besar harapan penumpang yg nyambung cuma dr bima paling besarnya dg kemungkinan skitar 40% dr okupansi total, apa bener yg nyambung banyak dr KA ini ke muttim?
Reply

betul om, waktu tgl 10 mei lalu naik 34 hampir 50% penumpang turun di PWT
[/quote]

Kalau Bima ganjil, kebanyakan penumpangnya ternyata naik dari SLO n YK
[/quote]

34 juga penumpangnya banyak yg naek dari CN, kebanyakan dg tujuan MN sampe SB.
Yg gw baru inget lagi dari ngobrol2 di group mutiim pagi biasanya ga brangkat SGU sblom turangga, bima & mutsel nyampe; sementara muttim malem ga brangkat sblom argo wilis & sancaka nyampe, itu tujuannya mengakomodasi penumpang yg mau ngelanjut ke JR/BW kan, ada yg tau brapa banyak rata2 okupansi /KA muttim yg sambungan dr KA laen?
Scara kalo muttim malem sambungan dr sancaka si ga heran k subuh nyamkalo banyak yg nyambung krn jamnya enak & pas banget, masuk muttim langsung tidur, besok subuhnya uda sampe. Sementara kalo muttim pagi yg nyambung masa ya penumpangnya dr YK-SLO-MN-KTS, secara turangga, bima & mutsel masuk 4 sta itu masi dini hari biasanya penumpang masi males bgt, palingan yg nyambung penumpang yg naek dr CN ato terutama PWT yg jam sampenya 34 disana masi stenga 10.15an malem, brarti paling besar harapan penumpang yg nyambung cuma dr bima paling besarnya dg kemungkinan skitar 40% dr okupansi total, apa bener yg nyambung banyak dr KA ini ke muttim?
[/quote]

kalo dari 34 nyambung mutim pagi sih saya kurang tau mas andrew, tapi kalo 33 memang ada yg nyambung dari mutim pagi.. pernah pas di MRI nemu tiket 33 dan mutim pagi JR-SGU di hari yg sama...
ngomong2, temen saya sendiri juga ada yg pengguna 34 dan mutim SGU-JR, kapan2 kalo ketemu tak tanya deh

Reply

Setau gw emang gitu dre, Muttim pagi dari SGU emang buat akomodir penumpang2nya Turangga Bima dan Mutsel, makanya juga ada ruang VIP buat nunggu Muttim berangkat jam9, secara ketiga kereta itu pada datang di kisaran jam 6-7, itu dengan catatan tepat waktu, begitu juga dengan muttim malem yang berangkat setengah 10 dia emang mengakomodir para penumpangnya Sancaka dan Wilis yang mau lanjut ke arah timur, tapi untuk beberapa hari terakhir dari rekan di Semboyan 35 sini juga ngomong kalo Muttim uda berangkat sebelum Sancaka, nah itu gw ga suka kadang2.
Nah kalo masalah okupansi berapa orang yang ngelanjut Muttim dari kereta2 di atas, gw kira ga banyak dre, gw pernah ngalamin sendiri cuma gw sama pacar gw aja yang ngelanjut Muttim dari Sancaka tapi itu dari Sancaka pernah gw liat(kemungkinan karena gatau pasti soalnya gw juga ga liat banyaknya) ada yang pada nunggu di VIP pada saat itu kemungkinan besar emang limpahan dari Wilis yang emang mau lanjut ke daerah DAOP IX.Ngakak
Nah tapi itu yang malem, mungkin karena resiko mereka akan kehilangan tiket Muttim ketika Muttim berangkat, beda dengan Muttim pagi yang pasti nunggu si bima Turangga dan Mutsel, kalo jadwal mereka telat pun Muttim masih akan nunggu dengan catatan mereka telat kisaran setengah jam lha ga telat kayak PLH prameks kemaren.
nah kalo yang pagi ini lumayan banyak dre, gimana cara liatnya?liat aja dari yang nunggu di ruang VIPnya SGU nah disitu keliatan banyaknya penumpang sambungan, alias penumpang2 yang emang datang dari kereta2 tsb buat nungguin si Muttim berangkat.
Kira2 gitu dre....Ngakak

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply
Yuhuuuu, yuhuuuu, selamat pagiiiii, apa kabar semuanya? Ngeledek

Kembali lagi bersama sang Arwah yang akan menceritakan perjalannya menembus malam, menerjang hujan, melalui dua pasang besi dengan bantalan, menempuh jarak ratusan kilometer menuju kampung halaman (ebuset lebay amat bahasanya, wekekek)

Ya, seperti biasanya, saya tahu cerita saya gak bakal diwarnai foto. Tapi saya juga tahu tulisan saya tentang perjalanan kereta termasuk salah satu yang dirindukan oleh semua orang karena begitu unik dan menarik .... awawawaw

Lempar Loko

Oke, oke. Hehehe. mari kita mulai ceritanya. Hadirin dimohon berdiri, eh, hadirin dimohon membaca cerita panjang saya ini dengan sepenuh hati yaaa, pliiis, bikinnya lama soalnya .... *pasang muka imut*

Quote:[SPOILER]PERJALANAN BERSAMA SANG LEGENDA

Rabu, 7 November 2012.
Hari itu adalah hari terakhir UTS saya. dan otomatis hari dimana saya akan pulang bersama Bima. Saya berangkat dari Pondok Ranji menggunakan KA Lokal Rangkas (njomplang, :v ).

Di THB, saya melihat Kereta Brantas 118 tempat saya biasa bergentayangan sudah tersedia di jalur 3. Kalau pengalaman yang lalu saya menuju Gambir via KRL (muter Manggarai), berhubung sekarang KRL pada LS di GMR, akhirnya dari THB saya oper Kopaja menuju GMR. Singkat cerita, Sampai di GMR sekitar pukul 16.00 WIB. Langsung menuju bagian pemeriksaan tiket dan kena Stempel "Sesuai Identitas Gambir 430". Dooh, rasanya gak rela kalo tiket saya kena stempel macem-macem kayak gitu, maunya yang kinclong gitu :v #eh

Kebetulan sekali perut Sang Arwah sudah meminta sesajen lagi karena sesajen tadi pagi sudah habis diserap oleh soal ujian. Sembari menunggu Bima standby di jalur 1, saya makan di lantai 1. Dan tak terasa, sekitar pukul 16.40 Bima sudah siap sedia.

Dan voila! Rangkaian Bima kali ini benar-benar full JS 950, at least kereta penumpangnya, hehehe .... susunannya dari depan ke belakang:
CC 203 98 05 + P 0 65 03 + K1 0 95 25 + K1 0 95 24 + K1 0 95 21 + K1 0 95 14 + K1 0 95 13 + M1 0 82 02 + K1 0 95 10 + K1 0 95 12 + B 0 08 10.

Saya mendapat seat EKS-1 9C. Okupansi > 90% (Begitu juga di EKS-2 s.d. EKS-7. Wih, laris bener nih Bima, awawaw). Keadaan EKS-1 sendiri cukup nyaman dan cozy dengan suasana interior serba biru, khas namanya sebagai Kereta Biru Malam. ACnya kalo menurut saya dari skala 1 untuk kulkas dan 10 untuk microwave, ada di angka 5. Imbang lah, gak terlalu dingin, dan gak bikin keringetan juga. Saya suka AC yang seperti ini sebenernya. Maklumlah, arwah kelas bawah. :v Di kereta belakang (kalau tidak salah EKS-5 dan EKS-6) ada juga yang ACnya kulkas. Pasti langsung masuk angin saya kalo dapet di situ Ngakak

Oh ya, tenang saja, barang bawaan saya gak K3-minded kayak yang terakhir kali kok, hueheehehe ... soalnya selain dapet mantra "penangkal" K3-minded, juga karena liburannya yang "cuma" 10 hari. :v

PERJALANAN DIMULAAAAI!!
Bima pun meninggalkan Gambir pukul 17.05, diiringi tangisan dari langit yang seolah tak rela melihat sang legenda pergi meninggalkan Jakarta (apasih, lebaynya kumat lagi :v ). Pelan-pelan Bima keluar dari ibukota. Dan saat itu saya mulai ngobrol-ngobrol sana sini dan tanya-tanya sama mbak di sebelah, tentang kerjanya apa dst. Hehehe.

Lepas Ibukota, tariiik maang! Bima melaju dengan kecepatan tinggi dan ngece KRL AC strip ijo kuning yang sementara itu berubah menjadi KRL Eko dengan tarif CL :v. Dan ternyata K3-minded saya belum ditangkal sepenuhnya, soalnya saya merasa KA ini nggremet padahal saat saya liat di luar jendela, ni KA ngebut bangeet! Goncangannya gak kayak K3 sih, hehehe. Oh ya, kereta yang saya naiki ini menurut saya goncangannya sedikit lebih kerasa daripada pengalaman saya sebelumnya. Tapi tetep nyaman banget laaah.

Lepas Bekasi berpapasan dengan beberapa kereta dan saya gak tau itu KA apa saja. Pasti salah satunya GoPar (ya iyalaah). KA melaju terus sampai tiba-tiba pukul 17.45 di Cikarang Dry Port mandek sekitar 30 detik. Ngapain coba? :v Saya gak terlalu merhatiin kondisi luar memang, soalnya saya duduk di seat C, seat koridor.

Pukul 19.25 Bima mencapai Stasiun Jatibarang, dan berangkat 3 menit kemudian. Perjalanan relatif lempeng, dan akhirnya masuk Cirebon (CN) pukul 20.00. Yah, gak secepat perjalanan yang lalu ternyata. Dan yang cukup mengagetkan saya suasana kereta tetap hening walau sudah berhenti. Pedangan Asongan tak tampak satupun di CN. Sampai akhirnya pukul 20.07 BIma berangkat kembali, dan dadah-dadah sama Tegal Arum di kejauhan saat melintas CNP.

Pukul 21.05 masuk Prupuk, tunggu silang Purwojaya. Gak terlalu lama nunggu, pukul 09.15 Bima sudah berangkat kembali. Antara Prupuk dan Purwokerto Bima sempat berpapasan dengan beberapa kereta, dan tentu saja saya gak tau itu KA apa saja, #plakkk mungkin GBMS salah satunya, hehehe.

Pukul 22.22 - 22.31 berhenti di Purwokerto. Ketemu Kereta Bisnis di jalur sebelah. Apa ya? Senjut Solo kah? Setelah KA itu berangkat, Masuklah si Taksaka. Dan giliran Bima yang berangkat. Dan di tengah jalan papasan dengan Gajah Wong atau Bogo (gak inget yang mana. Atau keduanya? :v ).

Pukul 23.02 nyampe di Korea, eh, Kroya, nungguin Argo Dwipangga selama 3 menit dan langsung ngacir lagi. Selepas itu, apa yang terjadi? Saya sendiri juga tidak terlalu ingat, #plakkk. Antara tertidur dan tidak soalnya. Setelah Kroya sama sekali tidak berhenti, tancap gas teruuus sampai YK. Dan dapat diambil kesimpulan Kahuripan kali ini cukup sopan untuk tidak membuat Bima berhenti seperti pengalaman sebelumnya, wekekekek. Si KA-7000 an Gajayana juga gak rese' minta Bima nunggu. Mungkin ketemu mereka di jalur Ganda.

Pukul 01.05 Si Bima masuk Yogyakarta dan saya langsung cari penjual nasi gudeg, buat makan tengah malam. Sekitar 6 menit kemudian, pukul 01.11, Bima ngacir meninggalkan Yogyakarta. Kecepatannya juga masih edan seperti sebelumnya. Dan pukul 01.57 masuk Solobalapan. Cuma berhenti sekitar 3 menit, lalu ngacir lagi deeh. Yang turun gak terlalu banyak tapi rata-rata duduknya bersebelahan.

Dan saya pun memutuskan untuk merem. Eeeh, Tau-tau terbangun gara-gara speaker pengumuman bahwa sudah mulai masuk Madiun. Pukul 03.22 Bima memasuki Madiun. Dan saya cari makan dini hari lagi di sini, nasi pecel. Dasar rakus emang :v 03.26 Bima berangkat lagi.

Pukul 04.15 Bima masuk Nganjuk dan kalo gak salah hitung, cuma berhenti sekitar 1 atau 2 menit. Buset dah. Dan lepas Nganjuk, si Bima jalannya rada ngelantur, awalnya cepat, tiba-tiba melambat, cepat lagi, melambat sampai berhenti, dan cepat lagi. Mabok kali ni KA ya??? #plakkk

Pukul 04.38 - 04.42 berhenti di Kertosono. Buset deh pedagangnya teriak-teriak keras banget. Untung udah pagi juga, gak keganggu. Hehe. Dan Bima pun melaju dengan pelan tapi pasti (gak pelan juga sih) sampai akhirnya tiba di Jombang pukul 04.56, cuma berhenti sekitar 1 menit lebih sedikit.

Yah, memang gak seprima perjalanan saya dengan Bima yang sebelumnya memang. Tapi tetep puaaaaas banget, ehehehe Ngeledek Oh ya, Si Bangunkarta 44 ternyata ada di belakang Bima dan baru masuk Jombang sekitar pukul 05.10. Entah ada apa dengan Bangunkarta kali ini, baru masuk Jombang setelah terang.

Masih ada hal unik nih dari perjalanan kali ini. Saat di Purwokerto, yang turun lumayan banyak, sekitar hampir 10 orang di EKS-1. Dan saya pun menjadi trend-setter untuk membuat KA Bima kembali sebagai "Kereta tidur". Saya langsung pindah dari Seat 9C menuju seat 11A + 11B yang kosong dan langsung merebahkan diri dengan seenaknya. Si Mbak sebelah saya ngeliat saya pindah juga langsung merentangkan kaki ke kursi saya yang tadi. Eh gak taunya, Mas Reska juga ikut-ikutan menguasai seat 12C dan 12D, tidur kayak penumpang aja dah pokoknya. Like a boss :v

Dan tentu saja trend mengembalikan Bima sebagai "Kereta tidur" pun berlanjut saat di Yogya. Yang turun di sini rata-rata duduknya bersebelahan. Mas-mas yang duduk di seat 9B sebelah tempat duduk saya tadi pindah ke seat 8C dan 8D yang kosong, dan langsung merebahkan diri dengan seenaknya :v Mas yang di 9A yang ditinggal juga sama aja, langsung merentangkan kaki. Ibu-ibu di seat 10C juga, langsung bergerak ke seat 10A + 10B dan memenuhi kedua kursi dengan badannya yang, yah, lumayan "berisi", Nyengir

================================
Oke deh, kurang lebih demikian cerita saya nan panjang lebar ini. Semoga mas-mas dan mbak yang baca gak bosen dan tetap terkenang dengan cerita indah saya, hehehehe ..... #plakkkk [/SPOILER]
Seperti alunan detak jantungku,
tak bertahan, melawan waktu
dan semua keindahan, yang memudar
atau cinta, yang tlah hilang

==========

My latest TR: Tawang Alun, 30 Juni 2013

Lok Merah Biru
Reply

mantap bener om Hungry ceritanya...
Dan seperti biasa kalo saya baca cerita sampeyan, mesti saya kerasa ada di keretanya padahal ya saya duduk di bangku depan lepi....Ngakak
Di PWT kalo jam10 sampe sono berarti itu Senjut Solo bukan YK, dan yang silang dengan K3 AC itu Gawong....
Overall mantap lha ceritanya. kalo nyampe YK jam 1 lebih dikit, itu masih prima berari yah walaw telat hampir 15 menit, tapi emang Bima berarti emang menjadi andalan ya buat orang2 di daerah Jateng macam PWT YK dan SLO, karena memang waktu berangkatnya yang pas ga kemalaman mungkin ya...

nb: ga bisa kasih smile, karena uda over..T_T

SEBELUM MENUTUP MATA INI IJINKAN AKU TUHAN MELIHAT SEMUA JALUR MATI DI JAWA HIDUP KEMBALI. AMIN

Reply

Ahahaha jadi malu dipuji Om Joe ..... Ngeledek kan smilie saya dihapus jg gpp om, hahaha. Oh ya, Nantikan cerita saya berikutnya sekitar 10 hari lagi saat kembali ke Kampus di trid Brantas, hahahaha .... *Promosi*

Oh ya, hal-hal unik yang gak sempat terangkum dalam perjalanan sepanjang malam tadi, seperti yang saya post di trid lain di bawah ini


Seperti alunan detak jantungku,
tak bertahan, melawan waktu
dan semua keindahan, yang memudar
atau cinta, yang tlah hilang

==========

My latest TR: Tawang Alun, 30 Juni 2013

Lok Merah Biru
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)