18-04-2013, 08:20 PM
Dirucat, kalo ngga ya jadi kereta pambangkit, kereta makan atau K1
[/quote]
Katanya salah satunya jadi kereta wisata ya? Entah yang Nusantara, Bali, atau Toraja gitu .... CMIIW
[/quote]
dirucat?
ngenes sekali...
ya, mendingan jadiin kereta wisata aja, masih ada peninggalannya...
[/quote]
Mana pernah bisa kereta tidur diubah jd KM ato K1 di indo, bukannya gw uda pernah bawa ceritanya kesini yak?
Om gw yg jarang ktemu cerita bbrapa bulan lalu ternyata dulu dia pernah dapet order kontrak untuk mengubah kereta tidur generasi pertama bekas bima, tp setelah dicoba & diperhitungkan diubah jd K1 biasa ditemukan masalah pada struktur rangka kereta itu sendiri (bukan boggie, karna kalo masalahnya pd boggie bisa dg gampang boggie yg lama dirucat & ganti boggie baru), khususnya pada SAGW nya
Karna SAGW saat itu adl kereta tidur berkabin & memiliki gang yg ada di 1 sisi kereta doank, itu membuat rangka kereta disisi laen tempat kabin itu punya struktur baja yg lebi tebel untuk menyokong beban dr isi kabin di kereta itu (beban SAGW bertumpu di 1 sisi pinggir kereta karna pondasi tempat tidur jd 1 dg kerangka kereta, sementara setengah sisi laennya hanya berisi benda2 yg ga begitu berat & gang yg kosong) saat itu jg boggie yg dipake disesuaikan suspensinya lebi tebal di 1 sisi untuk mengimbangi kereta itu
Waktu dicoba menggunakan tonase beban imbang sebesar K1 yg dipake sampe skarang dg boggie K5 generasi pertama (bahkan sempet diuji coba pake boggie K5 dg penyokong samping) kereta menjadi miring & resiko saat menghadapi tikungan lebarpun akan terguling. Sempet jg perusahaan om gw diminta mencoba pengubahan menjadi klas special yg otomatis pembagian bebannya jg berbeda dlm 1 kereta krn seatnya 2-1, namun ternyata tetap miring & tender itu dianggap gagal, tp perusahaan om gw menganjurkan 1 saran akhir kalo operator masih mau pake kereta itu jalan satu2nya adl jadikan dia sbg bagasi, operator saat itu blom brani ambil langkah sejauh itu & akhirnya kontrak expired dg tanpa hasil. Perusahaan laen pun stelahnya ga ada yg brani maju untuk mengambil job itu, membuat operator ga punya pilihan laen slaen merucat sbagian besar SAGW & entah atas kerja sama dg siapa, 1 kereta SAGW sukses diselamatkan dg diubah menjadi nusantara yg masih beroperasi saat ini.
Dg dana pengubahan yg berkali2 lebih mahal akhirnya operator hanya bisa mengubah 1 kereta SAGW aja yaitu nusantara, sisanya menjadi besi tua. (entah kalo ternyata ada 1-2 biji yg diubah jd bagasi siluar pengetahuan g) Sementara SBGW yg dr awal bebannya jauh lebi merata dlm kereta itu diselamatkan menjadi K1 biasa & bbrapa kereta laennya saat ini.
Itu versi yg gw dapetin.