Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bima

SGU-GMR bukannya Bima ganjil ya? mungkin maksudnya Bima dari ML
[/quote]

kalau genap dari ML (44) sih masih ontime, paling silang Sri sama Komuter doang
[/quote]
Kalo tepat,biasanya KA 44 dari ML sih nyampe SGU nya jam 15.40 an.
Facebook :
Twitter :
Flickr :
Youtube :

Majulah Perkeretaapian Indonesia
Reply

SGU-GMR bukannya Bima ganjil ya? mungkin maksudnya Bima dari ML
[/quote]

Ni yg dimaksud Bima genap (KA 42) GMR-SGU, bukan ML-SGU (KA 44). Soalnya yg nanya tgl 3 besok mau naik Majapahit ML-PSE, nah pulangnya naik Bima GMR-ML, begitu kira2. Kalo 42 nyampe SGUnya kadang tepat kadang telat. Cuman berangkatnya dari SGU ke ML hampir selalu on time, kecuali kalo 42nya telat parah, baru 43 ikutan telat juga...Pisss ahhh...
Buah dari perjuangan adalah kebahagiaan
Semakin keras kita berjuang bagi hidup kita, semakin manis pula buahnya
Semakin santai perjuangan kita, semakin pahit pula buahnya


Reply
Hari Senin, Tanggal 29 September kemarin saya mencoba menjajal naik KA 42 dari Gambir menuju ke Malang. Awalnya ingin berangkat hari Rabu, 1 Oktober 2014. Berhubung dapat jatah libur tambahan, akhirnya saya reschedule tiket agar bisa berangkat dua hari lebih awal.

Tiket awal, keberangkatan tgl 1 Oktober 2014 menggunakan subclass J, reschedule menggunakan subclass yang sama kena biaya administrasi tambahan 110ribu rupiah.

KA 42 datang di Gambir setelah diberangkatkan dari JAKK. Saya naik di K1-1 dengan nomor KA K1 082 02. KA 42 berangkat tepat waktu dari Gambir pkl 16.20wib. Berikut data perjalanan yang sempat saya catat :

16.20 Gambir
17.35 ls di Cikampek, menyusul KA Ciremai Ekspress yang membawa 2K1, 2K2, 1K3
18.42-18.44 Jatibarang
19.17-19.21 Cirebon
21.30-21.34 Purwokerto
21.12-21.17 Kroya, silang dengan Lodaya dan 1 KA lain(gak kelihatan coz disisi Lodaya)
00.05-00.10 Yogyakarta
01.15-01.20 Solo
02.15-02.20 Madiun
03.28-03.32 Jombang
03.51-03.53 Mojokerto
04.32 sampai di SGU. Disini saya turun sejenak untuk shalat subuh, boarding lagi dengan menunjukkan tiket 'terusan' sampai ke ML, dan melihat kedatangan KA Mutiara Selatan yang tepat waktu pada pkl 05.47wib, dan terlihat 1K3AC biru milik Krakatau nangkring disini(lupa gak mencatat nomor KAnya).

Setelahnya tepat pada pkl 06.00 wib KA diberangkatkan kembali menuju Malang. Dari petak Gubeng-Sidoarjo KA berjalan dengan kecepatan tinggi. KA Bima sampai di Sidoarjo pada pkl 06.23 dan diberangkatkan kembali pkl 06.26wib. Disini KA Bima bersilang dengan Peneks dari Malang.

Dari Sidoarjo KA berjalan dengan kecepatan sedang, termasuk ketika berjalan langsung di Stasiun Bangil. Sepanjang perjalanan di daerah Bangil, Pasuruan banyak terlihat pemandangan kebun mangga, dan sempat terlihat beberapa petak kebun bunga sedap malam.

Kemudian KA Bima sampai di Stasiun Lawang pada pkl 07.32, bersilang dengan KA Penataran yang membawa 1KP3, 1KMP3, dan 4K3. KA kemudian diberangkatkan kembali pada pkl 07.38wib

Setelah melalui perjalanan panjang KA Bima sampai dibawah jembatan Rampal pada pkl 08.03 dan stabling di Stasiun ML pada pkl 08.04wib.

Catatan :
Dalam perjalanan kali ini KA 42 tidak membawa Kereta Makan livery batik(cek gambar dibawah, lupa catat nomor Keretanya)

[spoiler=foto][/spoiler]

Kondisi Interior K1 082 02 dalam keadaan baik, Kursi beludru persis dengan kepunyaan Gajayana batch 2009 sebelum PA. Tombol kursi berfungsi baik, ada meja makan. Selain itu TV dan pintu otomatis juga berfungsi. Sepanjang perjalanan disetel 2 film, salah satunya berjudul Vertical Limit(ada satu kejadian mengganggu, film baru berjalan 30 menitan kemudian terpotong iklan2 sepanjang 15-20 menitan Ngakak)

[spoiler=foto][/spoiler]

Oh iya, di K1 082 02 terdapat 2 toilet duduk, Yang satu menggunakan teknologi eco washer(cmiiw), sedangkan satunya lagi tidak. Namun sedikit catatan untuk toilet eco washer itu dalaman toiletnya relatif sempit. Kalau mau keluar dari toilet mesti cari space untuk 'minggir' dan membuka pintu. Dari kedua toilet tersebut untuk kebersihannya sampai tiba di Stasiun Gubeng saya nilai baik. Tissue, pengharum ruangan tersedia, demikian pula dengan ketersediaan air.

Suhu AC didalam kereta :
Gambir 27 derajat Celcius, Cirebon 26 derajat, Purwokerto 25 derajat(udah malam), Mojokerto 23derajat, Surabaya Gubeng ketika berangkat kembali ke Malang 24 derajat, Bangil sudah naik menjadi 27 derajat(matahari udah naik).

Overall penilaian saya terhadap perjalanan KA Bima sih PUAS. Nilai 8,75++ dari skala 1-10. Ketepatan waktu sampai tiba di Stasiun Malang SANGAT MEMUASKAN. Semoga dikesempatan yang berikutnya saya bisa menjajal Bima yang rangkaian batch 95.
Reply

Itu Yogya - Solo waktunya 1 jam 5 menit, apakah Bima juga berhenti di Klaten yah ? Pengalaman naek Malioboro Ekspress, Yogya - Solo Balapan hanya 45 menit, bahkan sampai stasiun Purwosari sudah 38 menit, sisanya sengaja dipelanin hingga 7 menit sampe Solo Balapan. Kecepatan rata-rata sekitar 80km/jam dengan kecepatan stabil di angka 90 km/jam sekaligus kecepatan maximumnya.
Reply

Itu Yogya - Solo waktunya 1 jam 5 menit, apakah Bima juga berhenti di Klaten yah ? Pengalaman naek Malioboro Ekspress, Yogya - Solo Balapan hanya 45 menit, bahkan sampai stasiun Purwosari sudah 38 menit, sisanya sengaja dipelanin hingga 7 menit sampe Solo Balapan. Kecepatan rata-rata sekitar 80km/jam dengan kecepatan stabil di angka 90 km/jam sekaligus kecepatan maximumnya.
[/quote]

Kebetulan diwaktu tersebut saya pas lagi ngantuk2nya masbro, efek kecapekan karna cuma dapat jatah tidur 5 jam dimalam sebelumnya + dinginnya AC yang pas, jadi cuma mencatat pas kebangun ketika KA lagi berhenti di stasiun. Tersenyuum
Reply
Btw, agak OOT, K1 vakum itu K1 apa, ya? Dan kenapabisa disebut vakum? Bingung
Reply

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
K11 Vakum itu kalo gak salah K1 yg diretrofit kayak Bangunkarta Eksa jenisnya. Ada 4 K1 JAKK yg bisa gw bilang K1 Vakum. Tapi serinya lupa.






Yuk Back on Topic.
BTW,tarif batas atasnya KA Bima utk tgl 5 Januari 2015 dari SGU bisa sampe 600 ribu Heran.
Facebook :
Twitter :
Flickr :
Youtube :

Majulah Perkeretaapian Indonesia
Reply

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
K11 Vakum itu kalo gak salah K1 yg diretrofit kayak Bangunkarta Eksa jenisnya. Ada 4 K1 JAKK yg bisa gw bilang K1 Vakum. Tapi serinya lupa.






Yuk Back on Topic.
BTW,tarif batas atasnya KA Bima utk tgl 5 Januari 2015 dari SGU bisa sampe 600 ribu Heran.
[/quote]

K1 vakum itu K1 0 64 xx JAKK, yang kursinya ala BK n Gajah sebelum PA, or GoLaw lah. Sering digandeng buat salah satu K1 kepresidenan. (katanya) ACnya adem....
Reply
Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ
ooh, K1 yang digandeng ke RI1 itu K1 vakum? Saya masih gak mengerti, kenapa sebutannya harus vakum, ya? Bingung





Reply

SGU-GMR bukannya Bima ganjil ya? mungkin maksudnya Bima dari ML
[/quote]

Ni yg dimaksud Bima genap (KA 42) GMR-SGU, bukan ML-SGU (KA 44). Soalnya yg nanya tgl 3 besok mau naik Majapahit ML-PSE, nah pulangnya naik Bima GMR-ML, begitu kira2. Kalo 42 nyampe SGUnya kadang tepat kadang telat. Cuman berangkatnya dari SGU ke ML hampir selalu on time, kecuali kalo 42nya telat parah, baru 43 ikutan telat juga...Pisss ahhh...
[/quote]

Nah itu yang saya maksud Xie Xie Bima 42 GMR-SGU tgl 6 okt masuk SGU jam 5 pagi telat sekitar 45 menit dari jadwal
Esok lusa boleh kita jumpa pula
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)