24-08-2009, 08:15 PM
(15-05-2009, 12:19 PM)spoorsoni Wrote:(15-05-2009, 04:55 AM)cupexpert Wrote: Kenapa di Aceh pake Rel 1435, knapa gak disamain aja dengan yang biasanya 1067mm.. ??
Ini karena pembangunan kereta api di Aceh adalah sumbangan SNCF yang didukung pemerintah Perancis dalam rangka rehabilitasi tsunami. Yah namanya sumbangan ngikut aja yang ngasih sumbangan. Karena teknisi SNCF terbiasa menggunakan 1435mm maka feasibility study-nya menggunakan parameter tersebut. Jadilah Aceh adalah wilayah Indonesia dengan rel ber-gauge 1435 pertama pasca kemerdekaan.
Soni
Ada yg tahu rel yg dipakai buatan mana ? kalo di Jawa kan R54-nya kalo gak British Steel-1984, Nippon Steel-1989, Sidney Steel-1996 dan China-2004. Ini yg dijalur Jabodetabek loh...
