15-02-2012, 01:23 PM
Rada gelap mas...
1. Iya dulu relnya di bawah. Mulai dibangun rel layang sekitar pertengahan tahun 1988 kalau gak salah inget. Berakhir di awal2 tahun 1993 sebagai pengoperasian pertama dilaluin oleh semua KRL Ekonomi (+ 1 KRL Pakuan Bisnis pp kala itu) Jakarta - Bogor pp saja. Kecuali 2 KA diesel, yaitu KA Parahyangan yg mengakhiri perjalanan di Gambir (semula sampai Jakarta Kota) dan KRD Bisnis Jakarta - Kerawang pp.
2. Gambir - Manggarai gak meninggalkan sepetak pun rel KA di bawah pasca pengaktifan rel layang. Itulah yang amat sangat aku pribadi sayangkan. Padahal bisa dimanfaatin buat jalur wisata spt ke Planetarium melalui stasiun Cikini, Gondangdia utk menuju museum Joeang'45, bahkan hingga ke Beos pun melalui st. Juanda utk berwisata rohani ke masjid Istiqlal dan gereja Kathedral bahkan ke Pasar Baroe...
3. Mungkin foto ini bisa membantu, ma'af kalau andai repost yah... :
Pada ke2 foto itu di mana sisi kiri itu rel bawah yang mana kalau mengarah ke depan itu ke arah stasiun Gambir dari arah Manggarai.
Foto ini :
Stasiun Gambir di sebagian sisinya sudah menggunakan logo baru PT. KA...
[/quote]
makasii mas infonya, bermanfaat banget. mgkn ada lagi dari temen2 yang bisa menambahkan dokumen fotonya pembangunan stasiun gambir
1. Iya dulu relnya di bawah. Mulai dibangun rel layang sekitar pertengahan tahun 1988 kalau gak salah inget. Berakhir di awal2 tahun 1993 sebagai pengoperasian pertama dilaluin oleh semua KRL Ekonomi (+ 1 KRL Pakuan Bisnis pp kala itu) Jakarta - Bogor pp saja. Kecuali 2 KA diesel, yaitu KA Parahyangan yg mengakhiri perjalanan di Gambir (semula sampai Jakarta Kota) dan KRD Bisnis Jakarta - Kerawang pp.
2. Gambir - Manggarai gak meninggalkan sepetak pun rel KA di bawah pasca pengaktifan rel layang. Itulah yang amat sangat aku pribadi sayangkan. Padahal bisa dimanfaatin buat jalur wisata spt ke Planetarium melalui stasiun Cikini, Gondangdia utk menuju museum Joeang'45, bahkan hingga ke Beos pun melalui st. Juanda utk berwisata rohani ke masjid Istiqlal dan gereja Kathedral bahkan ke Pasar Baroe...
3. Mungkin foto ini bisa membantu, ma'af kalau andai repost yah... :
Pada ke2 foto itu di mana sisi kiri itu rel bawah yang mana kalau mengarah ke depan itu ke arah stasiun Gambir dari arah Manggarai.
Foto ini :
Stasiun Gambir di sebagian sisinya sudah menggunakan logo baru PT. KA...
[/quote]
makasii mas infonya, bermanfaat banget. mgkn ada lagi dari temen2 yang bisa menambahkan dokumen fotonya pembangunan stasiun gambir