09-05-2009, 11:26 PM
stasiun2 dilintas mati itu memang bisa saja dikembangkan dan dikomersilkan menjadi lahan bisnis yang menguntungkan, tetapi terlebih dahulu harus dilakukan studi kelayakan. harus dicari jalan tengah dan formulasi jitu agar nilai sejarah dapat dilestarikan dan keuntungan bisa di dulang untuk kemakmuran perusahaan. cita2 kita memang ingin kembali menghidupkan lintas mati beserta stasiun nya, atau minimal bisa menghadirkan dan melestarikan nilai historis nya seperti halnya Lawang Sewu, tetapi jalan ke arah sana masih cukup terjal dan berliku sekali pun bukan berarti mustahil
penggunaan menjadi jalur yang diperuntukkan sebagai pengangkut komoditas juga bukan sebuah ide yang buruk, tetapi untuk hal yang satu ini kita terkendala di masalah sarana. secara ekonomi, permintaan akan pengangkutan barang cukup tinggi, tetapi tidak cukup dapat diakomodir. jalur2 mati itupun dahulunya memang dominan digunakan untuk angkutan penumpang, sehingga sebenarnya membuka peluang untuk digunakan sebagai jalur pengangkutan komoditas, terlebih untuk daerah2 yang sedang berkembang dan dilaui lintas2 mati tersebut.
tetapi sekali lagi hal itu merupakan wewenang kantor pusat untuk memutuskannya mengingat banyak sekali variabel yang terkait didalamnya.
penggunaan menjadi jalur yang diperuntukkan sebagai pengangkut komoditas juga bukan sebuah ide yang buruk, tetapi untuk hal yang satu ini kita terkendala di masalah sarana. secara ekonomi, permintaan akan pengangkutan barang cukup tinggi, tetapi tidak cukup dapat diakomodir. jalur2 mati itupun dahulunya memang dominan digunakan untuk angkutan penumpang, sehingga sebenarnya membuka peluang untuk digunakan sebagai jalur pengangkutan komoditas, terlebih untuk daerah2 yang sedang berkembang dan dilaui lintas2 mati tersebut.
tetapi sekali lagi hal itu merupakan wewenang kantor pusat untuk memutuskannya mengingat banyak sekali variabel yang terkait didalamnya.