Dari segi perusakan lingkungan, efek yg ditimbulkan masih lebih kecil dibanding membangun jalan raya/jalan tol yg membelah hutang lindung, karena :
Jika WALHI memang concern terhadap lingkungan mengapa tidak memprotes pembangunan jalan tol trans jawa yg banyak memotong jalur hijau dan lahan pertanian.
- KA tidak dapat berhenti sembarangan seperti angkutan jalan raya. Harus berhenti di tempat2 yg sudah ditentukan yaitu stasiun.
- Lintasan KA relativ tidak memerlukan lahan yg lebar dan jalur yg dilalui KA air hujan masih bisa meyerap ke tanah pada lintasan jalur tsb karena tidak dibeton/diaspal.
- Emisi CO2 yg ditimbulkan angkutan KA jauh lebih sedikit dari yang ditimbulkan oleh sarana angkutan lainnya.
Jika WALHI memang concern terhadap lingkungan mengapa tidak memprotes pembangunan jalan tol trans jawa yg banyak memotong jalur hijau dan lahan pertanian.