Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
SEPUTAR KA CIREBON EKSPRES YG SUKSES DAN BERKEMBANG
[/spoiler]

Berhubung ini thread tentang Cireks, saya coba mau kasih pendapat yang point 1 aja ya...
Ada perbedaan signifikan antara jalur Jakarta-Bandung dengan Jakarta-Cirebon, yang paling jelas terlihat adalah medannya. Jalur Jkt-Bdg berupa pegunungan sedangkan Jkt-Cirebon adalah tanah dataran rendah yang relatif rata.
Waktu tempuh sebelum dibangun Cipularang untuk mobil adalah sekitar 3-4 jam untuk jarak lk 130km, setelah dibangun Cipularang menjadi 1,5-2 jam. Sedangkan Jkt-Cirebon waktu tempuh lewat Pantura juga 3-4 jam tapi dengan jarak yg lebih jauh lk 220km, kalau dibangun jalan tol Cikampek-Cirebon diperkirakan waktu tempuh Jkt-Cirebon menjadi 2-2,5 jam (blm memperhitungkan waktu istirahat sopir yang pasti akan lelah kalau digeber full throttle Jkt-Cirebon dengan pemandangan yg monoton).

Ada nilai tambah lebih dari adanya jalan tol Cipularang bg pemakai mobil yaitu waku tempuh yang berkurang drastis untuk jarak terhitung pendek (130km), sedangkan tol Cirebon juga memangkas waktu tapi tidak drastis (1-1,5 jam) untuk jarak yg lebih panjang, jadi tidak terlalu terasa perubahannya, toh di jalan pantura skrg saja di beberapa ruas pada waktu tertentu bisa digeber sampai kecepatan 120km/jam koq.

Sekarang kita bicara KA Bandung, dahulu sblm ada Cipularang waktu tempuh masih bisa bersaing dengan mobil bahkan bisa lebih unggul, skrg kondisinya GoPar saja bisa 4 jam, 2 x lipat dibandingkan waktu mobil.
Kalau KA Cirebon waktu tempuh berkisar 2jam 40 menit - 3,5 jam, sangat masih bisa bersaing dengan jalan tol baru nantinya. Lagipula moda angkutan roda karet seperti bus saya koq masih berkeyakinan akan tetap lewat jalur pantura lama, karena penumpang mereka selama ini ya kebanyakan disekitar jalur pantura ini seperti Indramayu, Losarang, Pamanukan, Patrol dsb.

Satu keuntungan dari moda KA dibandingkan jalan tol nantinya adalah KA langsung masuk ke pusat kota (Jakarta atau Cirebon), apabila dibandingkan dengan jalan tol Cirebon yang hanya lewat pinggir kota Cirebon yaitu di sekitar Palimanan, Plumbon, Ciperna, Kanci. Asumsi waktu yang saya tuliskan di atas adalah waktu tempuh jalan tol yang dihitung dari pintu tol ke pintu tol (misalnya Cawang sampai Pasteur) berdasarkan pengalaman saya, sedangkan waktu tempuh KA adalah waktu tempuh dari stasiun GMR sampai BD atau CN (kebetulan ketiga stasiun tersebut berada di pusat kota)

Jadi saya sih masih yakin kalau moda roda besi (Cireks, Ciregal, Argo Jati) masih akan lebih unggul daripada moda roda karet (Luragung, Sahabat dkk) walaupun sudah terbangun jalan tol Jakarta-Cikopo-Cirebon

Xie Xie
Thomas, James, Percy, Gordon, Emily, Henry, Edward, Toby
Reply


Messages In This Thread
RE: SEPUTAR KA CIREBON EKSPRES YG SUKSES DAN BERKEMBANG - by Agenk_Rose - 29-05-2010, 09:38 PM
Cireks Fakultatif - by Narendro Anindito - 18-12-2010, 09:31 AM
Argo Lawu - by muhammad bilal - 07-05-2011, 12:49 PM
RE: Argo Lawu - by d'tRAiNeR - 07-05-2011, 03:32 PM
RE: Argo Lawu - by Dj_Dj_300791 - 07-05-2011, 03:41 PM
RE: Argo Lawu - by d'tRAiNeR - 07-05-2011, 04:44 PM
RE: SEPUTAR KA CIREBON EKSPRES YG SUKSES DAN BERKEMBANG - by MakSaa - 24-09-2011, 11:35 AM
Cirebon Express - by Billy Dancing - 06-11-2011, 07:42 PM
Cireks - by Billy Dancing - 07-11-2011, 05:29 AM
JR Pangrango - by zae abjal - 19-02-2014, 03:19 PM
JR Pangrango - by zae abjal - 21-02-2014, 07:44 AM
JR Pangrango - by zae abjal - 20-02-2014, 10:36 PM
JR Pangrango - by zae abjal - 22-02-2014, 08:34 AM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)