09-06-2014, 10:04 AM
bener juga, pas tadi baca di postingan-postingan sebelumnya, nama masinis KA Parahyangan dulu sama dengan masinis KA 30 Argo Parahyangan yang anjlok di Cisomang...

BTW kalo diperkenankan sedikit mengangkat lagi thread ini, setelah saya lihat video-video yang ada berikut adalah stanformasi KA 72 GMR-BD dan juga nasib masing-masing unit yang digunakan saat itu per bulan Juni 2014:
Loko: CC 201 99 (masih beroperasi, Dipo Induk BD)
Eksekutif 1: K1-67504 (masih beroperasi, nomor baru K1 0 67 04, Dipo BD, livery sudah berganti jadi ombak Argo)
Eksekutif 2: K1-67807 (afkir?, nomor baru K1 0 67 27, Dipo BD, dinas terakhir tgl 04 April 2014 sbg Eksekutif 1 KA 86 Malabar BD-ML yg anjlok di Bumiwaluya)
Kereta Makan: MP2-64502 (masih beroperasi, nomor baru MP2 0 64 01, Dipo BD, livery masih sama)
Bisnis 1: K2-82555 (masih beroperasi, kalo nggak salah menjadi K2 0 82 55, Dipo tidak diketahui)
Bisnis 2: K2-86522 (masih beroperasi, nomor baru K2 0 86 22, Dipo BD, livery masih sama)
Bisnis 3: K2-82554 (status tidak diketahui, antara masih berwujud K2 atau sudah dikonversi menjadi B)
Bisnis 4: K2-86523 (masih beroperasi, nomor baru K2 0 86 23, Dipo BD, livery masih sama)
Dan untuk stanformasi KA 69 BD-GMR, berikut kisahnya sekarang ini:
Lokomotif: CC 201 101 (masih beroperasi, Dipo Induk SDT)
Bisnis 1: K2-82506 (masih beroperasi, nomor baru K2 0 82 06, Dipo BD, livery masih sama)
Bisnis 2: K2-82508 (sudah dikonversi menjadi B, nomor barunya saya lupa, Dipo tetap BD)
Bisnis 3: K2-82549 (sudah dikonversi menjadi B, nomor baru B 0 82 11, Diponya antara masih BD atau sudah dimutasi ke MN)
Bisnis 4: K2-86508 (masih beroperasi, nomor baru K2 0 86 08, Dipo BD, livery masih sama)
Kereta Makan: MP2-68801 (status terakhirnya saya tidak tahu, antara sudah dimutasi atau masih di BD)
Eksekutif 1: K1-67524 (afkir, nomor baru K1 0 67 22, dinas terakhir tgl 04 April 2014 sbg Eksekutif 2 KA 86 Malabar BD-ML yg anjlok di Bumiwaluya, dirucat langsung di TKP setelah dievakuasi krn kondisi struktur kereta yang hancur di sisi sambungan dgn Eksekutif 1)
Eksekutif 2: K1-64515 (masih beroperasi, nomor baru K1 0 64 14, Dipo BD, livery terakhir masih menggunakan livery putih-biru)
N.B.: penomoran kereta menggunakan sistem nomor terkecil di dekat lokomotif
Sekian ulasan dari saya, mungkin ada yang bisa menambahkan/mengoreksi bila ada info terbaru...

Begitu saya tadi melihat rekaman video teman-teman RF dan mencatat nomor-nomor kereta yang digunakan, ternyata bukan hanya KA Parahyangan saja yang hilang, tetapi ada juga K1/K2-nya yang ikut hilang, entah karena dikonversi atau memang hilang (afkir) karena kecelakaan lain...

Visit my new blog at
Visit also:
Visit also: