Kalo ga salah sbenernya diawal trit ini uda ada yg nanya & mbahas pertanyaan yg sama, tp ga apa gw jawab lg sepengetauan gw.
Asalnya smua didatengin dari yugoslavia, gw lupa boggie nya K5 apa K7 (krn seinget gw kereta pesenan dari yugoslavia yg masuk ke indonesia itu semuanya berboggie K7)
Bekas SAGW yg masi aktif skarang tinggal 2:
Toraja & nusantara
Sementara bekas SBGW yg masi aktif skarang tinggal bali aja
Sisanya skarang sudah terpencar menjadi bentuk laen, alias sudah dibesi tuakan krn struktur boggie yg ngga merata suspensinya dg boggie2 kereta biasa yg dipake di indonesia.
Gw jg sempet mencari jauh soal keberadaan rangkean lama ini, krn dulu gw jg salah 1 yg ga percaya kalo operator kita mau membesi tuakan kereta MD 70an, sementara Kereta2 MD 50an & 60an aja diretrofit & masi dipake sampe skarang, tanya sana sini cuma ketemu jawaban yg skrang jd 3 kereta wisata itu & ga jlas kenapa diretrofit jd wisata & mana sisanya, sampe gw ktemu sodara gw yg prusahaannya pernah kerja sama ma operator semasa era 80an sampe 90an, dia pernah dapet tender buat mengubah total 30an kereta SAGW & SBGW, tp setelah dicoba2, ditemuin masalah bahwa suspensi boggie bekas SAGW ga merata karna konstruksi interior SAGW kereta tidur berkabin yg berat kanan, sementara katanya jumlah SAGW waktu itu lebi banyak dibanding SBGW, kalo toh diretrofit ya cuma bisa jd gerbong bagasi, tp entah gimana waktu itu, kesepakatannya akhirnya stelah nusantara, bali & toraja lahir, akhirnya operator ga memutuskan buat menjadikan rangkean itu sbg bagasi, tp langsung dibesi tuakan.
Itu sejauh yg gw tau & dpt ceritanya
Sekarang Bima sebagai KA penutup loh
Rata-rata masuk GMR 06.25-an
[/quote]
Kereta penumpang penutupnya slatan skarang kan GBMS, bukan dia
33 kan uda nyusul 115 di seblom KYA
Betul om , sejak dahulu kala BIMA adalah KA Raja Jalur Selatan. Dan semenjak ada memang lewatnya YK bukan SMT
[/quote]
maksudnya Bintang Senja? Bintang Sendja itu lahirnya sebelum Bima dan lewat MN - BBG - SMT dimana dia udah make model kereta pendingin pake es batu. cmiiw.
[/quote]
Memang Bima awal2nya pernah lewat SMT-BBG-SK, jadi saat itu 3 KA yang lewat, Bintang Fadjar n Sendja, dan Bima
Tapi sejak era 1970-an, rutenya dialihkan ke PWT-YK-SLO
[/quote]
Bima emang pernah kok lewat SMT, pas masih KA Tidur dan jamannya ditarik CC 201
[/quote]
Bukannya bintang fadjar & sendja itu generasinya sblomnya bima yak?
Ingetan gw masih samar2 ma sejarah ketiga ini sapa duluan