Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Stasion Manggarai Jakarta Disiapkan Jadi Stasiun Utama Komuter
ya mencakup semuanya !
karena kedepannya perjalanan ka jarak jauh akan berakhir di manggarai sehingga di harapkan ka comline tidak aka terganggu dengan perjalanan ka jarak jauh seperti saat ini ka comline banyak tertahan di lintas mri - jakk kalau ada ka jarak jauh yang akan melintas di lintas ini.dan gambir akan di kembaikan ke fungsi nya semula sebagai pemberhentian ka comline lagi.di samping juga ka bandara akan bermula di stasiun ini.
tidak terbayangkan keindahan trem uap ketika lalu lalang di bawah jembatan kereta api jatinegara
foto ane yang lainnya ada disini kang !
https://www.flickr.com/photos/36503981@N02/
Reply
bocoran dari forum sebelah. desain layout stasiun manggarai sentral di sumur ini dan ini.

silahkan buat yang bisa gambar ulang / resize lebih jelas biar lebih jelas. (saya gelar tiker dulu buat menyimak diskusi selanjutnya. hehehe...)
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
Kalo cuma liat layout-nya sekilas, saya gak percaya itu bakal selesai dalam waktu dekat :|
[Image: SsqiV4o.jpg]
Reply
lah, jadi maksudnya ada rel lagi diatas stasiun existing? @@
masih menunggu ada K1/K2 Jakarta-TSM
K3 INKA juga boleh sih

twitter: @raihan__aulia
Reply
[Image: B1XU38-CUAAySWG.jpg:large]

jalur 1 & bangunan stasiun manggarai ada di paling atas (SECTION C-C), sisi kanan adalah double-double track ke jatinegara (SECTION B-B)

[Image: B1XQETPCMAIs-ft.jpg:large]

jalur tingkat (SECTION A-A) ada di area bawah, sekitar jalur 9 - 18, tapi masuk dari mana & keluar ke mana saya masih gagal paham Mabok
jerit peluit iringi putaran cakram membelai batang baja
. . . . .


[Image: new2copy.jpg]
Reply
(08-11-2014, 05:10 PM)nino Wrote: [Image: B1XU38-CUAAySWG.jpg:large]

jalur 1 & bangunan stasiun manggarai ada di paling atas (SECTION C-C), sisi kanan adalah double-double track ke jatinegara (SECTION B-B)

[Image: B1XQETPCMAIs-ft.jpg:large]

jalur tingkat (SECTION A-A) ada di area bawah, sekitar jalur 9 - 18, tapi masuk dari mana & keluar ke mana saya masih gagal paham Mabok

Sma bang, aye juga gagal paham, kliatannya layout st. manggarai atas ma bawah beda yah.
Reply
kalau gak salah, file pdf ini pernah dishare seseorang di suatu forum. saya pernah baca tapi udah hilang. apa ada yang punya filenya? yang saya inget disitu ada drawing stasiun matraman juga
masih menunggu ada K1/K2 Jakarta-TSM
K3 INKA juga boleh sih

twitter: @raihan__aulia
Reply
@nino,

kayaknya section C-C bukan punya mri. soalnya gak konsisten sama yang section A-A. itu kemungkinan yang C-C kalo gak jng, bks, atau cikarang malah masuk diakal karena C-C itu kan mix krl 4 jalur kajj 4 jalur. kalo mri kan sudah jelas di A-A, yang bawah buat krl semua dan yang atas buat kajj semua.
----------------------------------------------------------

kalo perkiraan saya berdasarkan gambar layout diatas, nanti elevated station untuk kajj yang 3 island platform 6 track + 2 jalur langsir lok, keluar langsung kearah jng lewat jalur khusus yang sekarang dibangun (ddt). perkiraan saya, depo gerbong kajj bakal dipindah ke cipinang. soalnya gak mungkin ditaruh dibawah mri seperti sekarang karena gak ada hubungan rel antara stasiun yang atas dengan yang bawah. disamping itu juga rentan ganggu trafik krl dibawah. apalagi di stasiun bawah rel buat stabling cuma 2 jalur buat krl dari arah depo bud.

dan sepertinya jalur khusus kajj ini bakal ada disebelah utara rel eksis. dan ini konsisten dengan fakta dilapangan. klop lagi dengan fakta depo lok jng dan bakal depo cipinang ada disebelah utara. jadi semua kegiatan kajj ini mulai dari operasional, keluar-masuk depo, dll, tidak bakal menyilang jalur krl diselatan. hanya nanti agak repot pas menyilang rel krl dari arah senen. perkiraan saya bakal dibuat overpass diatas jalur krl. kalo bener skenarionya begitu, berarti klop dengan section C-C yang besar kemungkinan adalah stasiun jatinegara yang baru. 8 jalur total dengan 4 jalur krl diselatan (jalur 1-4), dengan 4 jalur kajj diutaranya (jalur 5-8).

untuk stasiun mri krl dibawah sesuai prediksi saya. sebelah barat bakal ada platform khusus untuk jurusan sud-thb. dan jalur bekasi rupanya mau di overpass jalur bogor. berarti kemungkinan besar nanti krl bekasi malah yang ke sud-thb. lalu krl bogor tetap lurus kearah gambir/jakk. cuma yang agak surprise, platform dan track khusus circle line (elevated loopline) kok ada di sisi paling timur? kirain deket2 sama platform sud-thb di barat. kalo ditaruh disitu (timur) nanti apakah cukup buat overpass jalur krl kearah gambir/jakk?
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Reply
(08-11-2014, 06:48 PM)bramoy Wrote:
(08-11-2014, 05:10 PM)nino Wrote: [Image: B1XQETPCMAIs-ft.jpg:large]

jalur tingkat (SECTION A-A) ada di area bawah, sekitar jalur 9 - 18, tapi masuk dari mana & keluar ke mana saya masih gagal paham Mabok

Sma bang, aye juga gagal paham, kliatannya layout st. manggarai atas ma bawah beda yah.

perkiraan saya sebagai berikut :

section A - A : project modernisasi stasiun manggarai
section B - B : project double-double track manggarai - bekasi
section C - C : project modernisasi stasiun jatinegara
section D - D : project elektrifikasi bekasi - cikarang
RF spoor_jadul, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Jul 2010.
Reply
(12-10-2009, 07:50 PM)editpes Wrote:
(12-10-2009, 04:52 PM)ino_pl Wrote: sepertinya aga sulit dech..Ngeledek..karena letak dan area Manngarai yang sudah padat di tambah akses jalan yang suka banjir jika kali disana meluap.....
saya lebh setuju jika stasiunjatinegara yang di jadiin stasiun besar...tinggal di panjangkan ke arah underpass jalan toll. apalagi disana ada area bekas port pasir yang bisa di gunakan....tinggal perbaikan akse lajur jalan yang di benahi...Playboy

lebih setuju kalo JNG jadi yang pusat,kan dua tuh jalurnya,ada ke PSE ada ke MRI
sebenernya juga JNG sepurnya banyak

tapi kalo manggarai juga bisa aja,mengingat jalurnya juga bercabang
Kalo manggarai susahnya tuh akses jalannya yang rada sempit malah bisa jadi pusat kemacetan klo dijadiin stasiun besar Xie Xie lagian juga deket kali kalo banjir gimana yakNgakak
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 3 Guest(s)