17-06-2011, 05:21 AM
Iya, betul2. Gerbongnya buatan bombardier, namanya Bombardier bi-level coach. Yang pake Canada sama Amrik.
Ada varian gerbong jenis ini yang disebutnya Bombardier bi-level cab. Kalo cab car ada ruang kendalinya (lokonya bisa dikendaliin dari cab car, tapi gerbongnya nggak ada mesinnya)
nih fotonya (foto yg paling atas):
Uploaded with
Uploaded with
utk gambar yg diatas, gerbong yg di kiri itu bombardier bi-level coach. yang di kanan buatan kawasaki, tapi lupa apa namanya.
P E T R U K
[/quote]
Om Bravo Gege itu betul. 1067 mm gauge itu nggak aman kalo dilewati gerbong 2 tingkat. Karena gerbongnya lebih tinggi, titik massa gerbongnya juga lebih tinggi dari titik massa gerbong biasa. Jadinya kereta double deck itu lebih nggak stabil dibanding kereta single deck. Jalur relnya harus diperlebar supaya gerbongnya jadi lebih stabil.
Pake rel 1435 mm aja masih goyang" kalo lewat wesel.
Mudah"an PT. Kereta Api Indonesia (Persero) bisa mengimplementasi gerbong double deck di masa depan. Kapasitas gerbong double deck itu kan > 150% kapasitas gerbong biasa, jadinya lebih hemat. [/quote]