(25-09-2009, 02:56 PM)Narendro Anindito Wrote: GE ES44C4 juga loko BB loh.........
Sebenernya A1A-A1A mas... (loko BB di Indonesia juga bnyk yg gitu).
Sekarang EMD juga bikin 1B-B1.
Kalau lomba TE (a.k.a tarik tambang), yg paling gede berat traksinya bakal menang (biasanya CC untuk axle load yg sama).
Kalo balap, yg gede powernya menang, gak ngaruh CC atau BB, (tergantung gearing juga sih).
setahu ane BB n CC sama" punya DH n DE
melihatnya dari penomorannya saja,
kenapa dinamakan BB karena berpenggerak 2 2 jadi BB
kenapa dinamakan CC karena berpenggerak 3 3 jadi CC
nah kalo Diesel Hidrolik setelah huruf BB/CC itu dikasi kode 3 contoh BB 300,301,302,303, dst.. atau yang CC yang baru satu-satunya di indonesia yaitu CC 300 nah itu lok DH (ingat angka 3 setelah kode huruf yang ane tebelin tuh)
nah kalo Diesel Electrik setelah huruf BB/CC itu dikasi kode 2 contoh BB 200,201,202, dst.. atau yang CC contoh CC 200,201,202,203,204, dst... nah itu lok DE (ingat angka 2 setelah huruf yang ane tebelin tuh)
mohon pencerahannya cos ane masih newbie itu setau ane tentang arti penomoran lokomotif
kalo gaya gesek kan diitung dari tekanan gandar, makin gede seharusnya makin kuat traksi per gandarnya...
jadi kalo dibandingin harusnya Bo-Bo lebih kuat dari Co-Co dengan tenaga yang sama...
tapi kalo A1A-A1A sama Co-Co harusnya lebih kuat Co-Co, karena tekanan gandar lebih tinggi...
(18-03-2013, 12:35 PM)benbeny Wrote: kalo gaya gesek kan diitung dari tekanan gandar, makin gede seharusnya makin kuat traksi per gandarnya...
jadi kalo dibandingin harusnya Bo-Bo lebih kuat dari Co-Co dengan tenaga yang sama...
tapi kalo A1A-A1A sama Co-Co harusnya lebih kuat Co-Co, karena tekanan gandar lebih tinggi...
kalau kuat-kuatan bukannya tergantung TE nya, n kalo kenceng-kencengan tergantung HPnya,
sori newbie perlu bimbingan n ilmu perkeretaapian
(18-03-2013, 12:35 PM)benbeny Wrote: kalo gaya gesek kan diitung dari tekanan gandar, makin gede seharusnya makin kuat traksi per gandarnya...
jadi kalo dibandingin harusnya Bo-Bo lebih kuat dari Co-Co dengan tenaga yang sama...
tapi kalo A1A-A1A sama Co-Co harusnya lebih kuat Co-Co, karena tekanan gandar lebih tinggi...
kalau kuat-kuatan bukannya tergantung TE nya, n kalo kenceng-kencengan tergantung HPnya,
sori newbie perlu bimbingan n ilmu perkeretaapian