Posts: 4,518
Threads: 0
Joined: Jan 2008
Reputation:
35
kalo terbakarnya di gerbong pembangkit si wajar aja mas, secara disitu terdapat generator kapasitas besar yang membangkitkan listrik di seluruh rangkaian kereta, jadi kalo ada kabel konslet ato hubungan arus pendek ya dalam sekejap bisa terbakar.......
kalo cara penanggulangannya si mesti dijaga dan dirawat dengan teliti tuh genset sama kabel2nya, agar tidak terjadi pemicu kebakaran
Posts: 2,972
Threads: 0
Joined: Sep 2008
Reputation:
14
memang di gerbong BP tidak di sediakan APAR kang agung ? sehingga gerbong tidak harus terbakar semuanya.
Posts: 2,972
Threads: 0
Joined: Sep 2008
Reputation:
14
kalau memang masalahnya ada beberapa generator yang menyala.kan di loko malah lebih banyak , kenapa malah jarang atau malah tidak pernah dengar loko terbakar akibat korsleting.malah banyak HSD berceceran di deck
Posts: 3,295
Threads: 0
Joined: Aug 2009
Reputation:
23
lok jarang terbakar mgkn krn perawatan lok lbh rutin. ane pikir d BP pasti uh ada fuse nya.
Keep Fighting Never Give
Posts: 5,708
Threads: 0
Joined: Oct 2009
Reputation:
117
Saat mau mengunjungi Simbah di Purwodadi tahun 1977 yang lalu . dari Semarang naik KA Penumpang Campuran ( KA Lokal ). Awal perjalanan lancar 2 saja Kec KA 20 km per jam di rel 25 berbantalan kayu lapuk . D 301 bawa 2 gerbong CR dan 3 GR ( gerbong barang ) , saat melintasi trac Demak-Purwodadi tiba2 saja banyak masyarakat ( Sore hari masyarakat selalu menunggu KA satu2nya ini melintas sambil menyuapi putranya atau momong , ada juga sambil memandikan ) yang menunjuk ke arah belakang ( gerbong GR ) , Ternyata gerbong barang tersebut ada nyala api pada bagian bawah roda ( tanpa boggie ). Masinispun segera menghentikan laju KA . Ternyata ada bagian yang membara , akibat gesekan ( Box tidak ada pelumas yang merendam bearing as roda , akibatnya menjadi panas dan menyala. Beruntung di samping rel ternyata ada saluran pengairan , Box roda gerbong GR disiram air dan apipun padam . setelah insiden ini KA pun dilanjutkan perjalanannya , tapi hanya dengan kec 10 km per jam dan setiap berhenti di halte . Box Roda disiram air . Perjalanan Semarang -Purwodadi yang berjarak 64 km ditempuh 6 jam . Assyiik.
Posts: 1,401
Threads: 0
Joined: Dec 2010
Reputation:
24
tambahin gan
ane naek KA 2 waktu ntu mau masuk SMT di toilet gerbong 2 kebakar entah karena boilernya atau ada yang naro puntung rokok di tempat sampah
My Train Frequent Passanger Card
[spoiler]![[Image: 0951262e89bc11e1a92a1231381b6f02_7.jpg]](http://distilleryimage6.instagram.com/0951262e89bc11e1a92a1231381b6f02_7.jpg)
[/spoiler]