Posts: 105
Threads: 0
Joined: Mar 2008
Reputation:
0
Stasiun Paling tersibuk ya MRI (kebetulan stasiun pertemuan 4 Jalur/Prapatan) kalau selatan sepertinya YK karena juga termasuk stasiun keberangkatan awal/kedatangan akhir, stasiun pemberhentian kereta dari JAKK, BD, SGU, SLO
Posts: 2,796
Threads: 0
Joined: Sep 2008
Reputation:
25
kalo stasiun dengan jumlah penumpang terbanyak, baik yang naik atau turun di sana, kira2 kira mana ya? kayaknya menarik kalo dibuat tret2 sejenis, seperti stasiun terbanyak pemasukannya, terbanyak jumlah penumpangnya, dll.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Posts: 2,796
Threads: 0
Joined: Sep 2008
Reputation:
25
kayaknya bukan deh. kalo menurut saya, tetap stasiun2 di jabodetabek yang ramai sama penumpang. dan jakarta kota adalah yang paling banyak penumpangnya.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"
Posts: 3,087
Threads: 0
Joined: Sep 2008
Reputation:
27
Kalau pada setuju Jatinegara sih... OK aja... Tapi dari segi pengalaman lebih ke Gambir deh... Coba aja... tiap kali naik KRL berbagai klas, KA jarak jauh tentunya Klas Eksekutif +Bisnis dan lok langsiran (tentunya bukan aku yang jadi freeriders yah...) pasti seringkali berhenti lama di sinyal masuk stasiun Gambir. Untuk itulah aku mengharapkan jaluur bawah dibuat kembali antara stasiun Gambir dengan stasiun Manggarai. Tapi ini cuma buat KA jarak jauh. Utk KRL berbagai klas jelas tetap di atas / rel layang.
Trus no. 2 bisa aja dibilang stasiun Solo Balapan dan Solo Jebres. Mengapa? Karena pengalaman menginap di sebuah hotel deket pinggir rel KA di Solo tiap jam hampir lewat semua. Karena Solo berada di tengah2 antara Jakarta / Bandung dan Surabaya. Yang berangkat pagi, sampai tujuan malem, pasti lewat Solo di siang harinya. Begitu pun sebalinya. Belum lagi KRD Prameks juga ikutan melintas. Tambah padet deh tuh jadwal. Terkadang juga Plasseur & Thereurrer / Kirow juga melintas gak siang atau juga malem.
Gimana dengan stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol?
Posts: 1,376
Threads: 0
Joined: Aug 2008
Reputation:
12
SMT dan SMC malah sering sepi mas, sibuk kalo pagi sm sore aja....
Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri
Posts: 338
Threads: 0
Joined: Oct 2008
Reputation:
3
MRI mungkin???
Selalu Mengiringi PT. Sepur Indonesia
Posts: 4,518
Threads: 0
Joined: Jan 2008
Reputation:
35
gini deh......
kalo mau dibagi2 per wilayah.....
stasiun tersibuk daerah jabotabek adalah stasiun Manggarai karena harus melayani kurang lebih 400 KA per harinya......
stasiun tersibuk lintas utara adalah stasiun cirebon karena merupakan pertemuan 2 jalur utama
kalo yang lintas selatan adalah stasiun Kroya yang juga merupakan pertemuan 2 jalur utama
kalo daerah timur dipegang sama stasiun wonokromo yang juga tempat pertemuan 2 jalur utama
jadi stasiun2 tersibuk itu kebanyakan berada di tempat pertemuan jalur2 utama......